BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pensiun dari MotoGP, Cal Crutchlow Punya Perasaan Campur Aduk

13-11-2020 09:40 | Anindhya Danartikanya

Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) LCR Honda Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) LCR Honda

Bola.net - Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow, mengakui kemungkinan besar takkan pernah lagi balapan di MotoGP sepenuhnya, mengingat tak ada tempat lagi tahun depan, dan ia telah sangat dekat dengan kata sepakat menjadi test rider Yamaha. Hal ini ia sampaikan via Crash.net, Kamis (12/11/2020).

Menjelang MotoGP Valencia, Spanyol, akhir pekan ini, Crutchlow mengakui sudah negosiasi serius dengan Yamaha untuk menggantikan Jorge Lorenzo. Ia juga telah menolak tawaran Aprilia untuk menjadi pengganti Andrea Iannone. Menurutnya, menjadi test rider Yamaha lebih cocok untuk masa depannya.

Crutchlow sendiri telah berkompetisi di MotoGP sejak 2011, usai pindah dari WorldSBK. Selama itu, juara WorldSSP 2009 ini pernah membela Monster Yamaha Tech 3, Ducati Team, dan LCR Honda. Ia mengoleksi 19 podium, yang tiga di antaranya kemenangan. Prestasi terbaiknya adalah peringkat 5 pada 2013.

1 dari 3 halaman

Lampaui Ekspektasi Sendiri

Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) LCR Honda Pebalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) LCR Honda

"Saya merasa bahagia dan sedih, jelas. Pada akhirnya, hati saya adalah hati seorang pembalap. Saya datang ke MotoGP untuk berkompetisi dan melakukan pekerjaan sebaik mungkin. Saya selalu percaya saya bisa tampil baik. Tapi seringnya, seperti yang Anda tahu, pembalap bisa jadi tak sukses dalam olahraga ini," ujar Crutchlow.

Meski tak pernah mengecap rasanya merebut gelar dunia di MotoGP, rider 35 tahun ini mengaku bahwa kariernya di kelas para raja terasa sangat menyenangkan. Menurutnya, tiga kemenangan di MotoGP dan status sebagai salah satu rider papan atas, sudah cukup melampaui ekspektasinya sendiri pada 2011.

"Jika yang dikatakan 'sukses' adalah kemenangan, maka 90% dari pembalap yang ada bisa dibilang tak sukses juga sepanjang karier mereka. Tapi saya menjalani 10 musim yang hebat di MotoGP, punya karier yang sangat baik, serta telah melampaui ekspektasi saya sendiri di MotoGP, dan saya sangat puas," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Bakal Kerahkan Segalanya untuk Yamaha

Crutchlow, yang dikenal sebagai salah satu rider paling nekat karena berani melompat dari WorldSBK ke MotoGP, mengaku bersyukur bisa mendapatkan banyak keuntungan di kelas para raja, baik secara finansial, sosial, maupun prestasi. Kini, ia siap menjalani petualangan yang benar-benar baru bersama Yamaha.

"Di sini, saya juga membuat kehidupan saya dan keluarga saya menjadi sangat bahagia. Saya memang sedih takkan kembali balapan di MotoGP sepenuhnya, tapi di lain sisi saya merasa bahagia atas apa yang sudah saya lakukan sejauh ini. Begitulah. Jika saya melakukan hal lain, maka saya arahkan energi saya ke arah itu. Sesederhana itu," tutupnya.

Crutchlow, yang saat ini duduk di peringkat 19 pada klasemen pembalap dengan koleksi 26 poin, dikabarkan akan diresmikan sebagai test rider Yamaha terbaru akhir pekan ini.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Joan Mir Sukses Rebut Kemenangan di MotoGP Eropa

KOMENTAR