Pedro Acosta Batal Jalani Tes MotoGP Bareng KTM Gara-Gara Hujan

Anindhya Danartikanya | 23 November 2022, 09:05
Pedro Acosta Batal Jalani Tes MotoGP Bareng KTM Gara-Gara Hujan
Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Ajo Moto2, Pedro Acosta, batal menjalani tes MotoGP dengan motor KTM pada Senin (21/11/2022) akibat hujan yang mengguyur Sirkuit Jerez, Spanyol. Padahal, kesempatan ini adalah momen langka, apalagi merupakan hadiah spesial dari KTM untuknya.

'Kado' ini sejatinya diberikan KTM karena Acosta sukses menjuarai Moto3 2021 dan menyabet gelar rookie of the year Moto2 2022. Selain itu, Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer, sempat berjanji akan memberi Acosta kans menjajal RC16 jika berhasil mengakhiri musim di peringkat lima besar.

Acosta yang secara mencengangkan menjuarai Moto3 pada musim perdananya di Grand Prix (2021), tadinya dijadwalkan mengendarai motor RC16 yang dipakai duet Red Bull KTM Factory Racing musim ini, Brad Binder dan Miguel Oliveira, pada Senin.

1 dari 3 halaman

Jalani 76 Lap dalam Tes Moto2

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo/Alberto Saiz

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo/Alberto Saiz

Tes tersebut rencananya digelar berbarengan dengan tes yang dijalani oleh test rider KTM, Dani Pedrosa, yang bertugas mengembangkan RC16 selama rehat musim dingin. Kebetulan, seluruh skuad Red Bull KTM Ajo dari Moto2 dan Moto3 juga berada di sana untuk menjalani tes demi menyongsong musim 2023.

Menurut MotoGP.com, dengan motor Moto2, Acosta menjalani tes selama 76 lap bersama tandem barunya, Albert Arenas, yang juga juara dunia Moto3 2020. Ada pula sesama rider Red Bull KTM Ajo yang turun di Moto3, yakni Deniz Oncu dan Jose Antonio Rueda. Sayangnya, tes MotoGP untuk Acosta batal akibat hujan.

Musim depan, Acosta tetap berlaga di Moto2, tetapi bukan rahasia lagi bahwa ia telah dapat tawaran naik ke MotoGP sejak pertengahan 2021. Kala itu, ia bahkan diminta oleh beberapa tim MotoGP untuk langsung naik dari Moto3 ke MotoGP, seperti yang dilakukan Jack Miller pada 2015 dan Darryn Binder pada 2022.

2 dari 3 halaman

Kembali Ditawari Segera Naik ke MotoGP

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Meski begitu, Acosta menolak untuk cepat-cepat ke MotoGP, karena ia ingin 'belajar' terlebih dahulu di Moto2 setidaknya selama dua tahun, sebelum benar-benar naik kelas. Uniknya, meski masih terikat kontrak dengan KTM Ajo, Acosta mengakui bahwa ia kembali dapat tawaran untuk naik ke MotoGP pada 2023.

"Ada kemungkinan bagi saya naik kelas ke MotoGP pada 2023, tetapi saya belum merasa siap. Tak sepadan naik kelas dan membuang-buang satu tahun dalam hidup saya demi cepat-cepat naik ke MotoGP. Setiap hal punya waktu sendiri untuk terjadi, dan tahun depan bukan waktunya," ujarnya via Diario de Jerez, Kamis (17/11/2022).

"Saya harus tampil baik di tiap kategori yang saya ikuti sebelum lompat. Saya diminta tanda tangan kontrak dengan tim MotoGP pada Mei lalu, tetapi saya belum siap karena kala itu saya gagal meraih poin dalam empat balapan beruntun. Kala itu saya belum naik podium dan tidak terlalu kompetitif kecuali di Le Mans," tutupnya.

3 dari 3 halaman

Statistik Prestasi Pedro Acosta

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

Pembalap Red Bull KTM Ajo, Pedro Acosta (c) AP Photo

2018: Moto3 Junior World Championship (KTM) - Peringkat 33

2019: Moto3 Junior World Championship (KTM) - Peringkat 16

2019: Red Bull Rookies Cup - Runner up

2020: Moto3 Junior World Championship (KTM) - Peringkat 3

2020: Red Bull Rookies Cup - Juara

2021: Moto3 (Red Bull KTM Ajo) - Juara

2022: Moto2 (Red Bull KTM Ajo) - Peringkat 5

Sumber: MotoGP, Diario de Jerez

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR