Pecco Bagnaia Sebut Fabio Quartararo-Marc Marquez Rival Utama di MotoGP 2022

Anindhya Danartikanya | 21 Februari 2022, 10:10
Pembalap Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse
Pembalap Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse

Bola.net - Rider Ducati Lenovo Team, Francesco Bagnaia, meyakini dirinya bakal punya dua rival tangguh dalam perebutan gelar dunia MotoGP 2022. Dalam wawancaranya dengan GPOne, Minggu (20/2/2022), rider yang akrab disapa 'Pecco' ini pun menyebutkan nama juara dunia 2021, Fabio Quartararo, dan delapan kali juara dunia, Marc Marquez.

Dalam uji coba pramusim di Sepang dan Mandalika, Bagnaia tak terlalu mencolok. Dalam daftar kombinasi catatan waktu, ia 'hanya' duduk di posisi keenam dalam masing-masing uji coba. Namun, rider asal Italia ini sama sekali tak cemas, karena ia memang tak melakukan time attack. Pasalnya, ia sudah yakin bakal cepat dengan ban baru.

Alhasil, Bagnaia hanya fokus pada ban lama, yang artinya mencari ritme balap ideal. Selain itu, ia dan Jack Miller juga bertugas menjajal berbagai perangkat baru yang disediakan para insinyur Ducati Corse. Program semacam ini memang paling memakan waktu, hingga para rider tak terlalu fokus pada posisi di daftar catatan waktu.

1 dari 2 halaman

Banyak Tugas dalam Uji Coba, Tak Fokus pada Posisi

Gigi DallIgna, Cristian Gabbarini, dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse

Gigi DallIgna, Cristian Gabbarini, dan Pecco Bagnaia (c) Ducati Corse

"Banyak tugas yang harus dilakukan, karena ketika Ducati berinovasi, keputusan harus cepat diambil. Beberapa tahun lalu, kami pernah menjalani uji coba macam ini, ketika kami harus bekerja keras, sampai-sampai kami harus mencatat waktu yang baik agar bisa menjelaskannya kepada wartawan," ujar Bagnaia sambil tertawa.

Namun, rider berusia 25 tahun ini juga sangat mengamati perubahan yang diusung para rival. Dalam uji coba, Honda dan Suzuki dinilai mengalami kemajuan paling signifikan, tapi Bagnaia juga tetap mewaspadai Yamaha meski para ridernya masih mengeluhkan top speed. Ia juga mengawasi KTM, yang cepat di trek yang gripnya rendah.

Bagnaia pun yakin musim ini bakal spektakuler bagi fans. "Sejauh ini, saya senang. Sepengamatan saya, Honda dan Suzuki kompetitif, begitu juga Yamaha. KTM sangat cepat dalam situasi-situasi ketika grip lintasan rendah, seperti halnya di Mandalika. Ini akan jadi tahun yang hebat karena level persaingannya sangat sulit," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Yakin Marc Marquez Sudah Pulih

Marc Marquez dan Fabio Quartararo (c) Honda Racing Corporation

Marc Marquez dan Fabio Quartararo (c) Honda Racing Corporation

MotoGP 2022 akan diikuti 24 rider, dan semuanya punya motor kompetitif, ditambah dukungan seabrek dari pabrikan. Hal ini bikin siapa saja punya kans meraih podium dan kemenangan. Namun, bagi Bagnaia, perebutan gelar dunia hanya akan terjadi di antara dirinya, Quartararo, dan Marquez. Bahkan, Joan Mir juga bisa bergabung.

"Semua orang sangat kuat. Fabio adalah juara dunia bertahan, jadi ia rider yang harus dikalahkan. Marc juga jelas akan bertarung di papan atas, karena ia sudah pulih dari cederanya dan ia bakal melaju sangat cepat. Joan juga begitu, karena Suzuki bekerja dengan baik. Tapi Marc dan Fabio bakal jadi rival utama saya," tutupnya.

Bagnaia pun senang karena ia berstatus favorit juara usai jadi runner up tahun lalu. "Saya sangat senang, tak sabar untuk memulai. Musim dingin ini kami bekerja sangat baik. Ducati bekerja keras dengan motor baru. Kami bakal siap. Menyenangkan jadi favorit, akhir tahun lalu saya konsisten cepat. Tapi kita lihat saja nanti," tutupnya.

Sumber: GPOne

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR