BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Pecah Telor: Pol Espargaro Sabet Podium Perdana di Honda, Hasil Terbaik di MotoGP

26-10-2021 12:42 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - MotoGP Emilia Romagna di Misano pada Minggu (24/10/2021), sukses mengembalikan senyum ceria di wajah Pol Espargaro. Usai sukses merebut pole di Seri Silverstone, Inggris, ia akhirnya sukses merebut podium perdana bersama Repsol Honda, usai finis kedua di belakang sang tandem, Marc Marquez.

Keputusan Espargaro meninggalkan KTM demi Honda memang dipertanyakan. Apalagi ia sukses meraih lima podium bersama KTM sepanjang 2020. Proses adaptasinya di Honda pun sama sekali tak mudah. Ia kerap jatuh bangun dan bahkan kesulitan masuk 10 besar. Namun, pada paruh kedua musim, progresnya membaik.

Dalam balapan ini, Polyccio memulai balapan dari posisi keempat. Selepas start, ia duduk di posisi kelima. Pada Lap 2, ia merebut posisi keempat dari Miguel Oliveira. Ia naik satu posisi lagi usai Jack Miller terjatuh pada Lap 4. Pada Lap 23, Pecco Bagnaia juga terjatuh, dan Espargaro pun menduduki posisi kedua sampai finis.

1 dari 2 halaman

Tak Pernah Menyerah

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Hasil ini pun menjadi hasil terbaik Espargaro di MotoGP, karena sebelumnya ia selalu mentok di posisi ketiga. Ini juga merupakan hasil finis 1-2 pertama Repsol Honda sejak Seri Aragon 2017 (Marc Marquez dan Dani Pedrosa), dan hasil finis 1-2 pertama Honda secara umum sejak Seri Australia 2019 (Marquez dan Cal Crutchlow).

"Rasanya sangat menyenangkan usai musim yang berat. Kami mengalami momen naik-turun, beberapa balapan yang bagus tapi tak cukup, juga beberapa momen yang sangat buruk. Saya tak pernah menyerah, dan selalu tampil ngotot sepanjang tahun, bekerja lebih keras demi mendapatkan hasil darinya," ujar Espargaro via Crash.net.

"Jika bicara soal saya dan ego saya, tentu menyenangkan bisa berada di sini berkat hasil terbaik saya di MotoGP, bersama Honda. Tapi lebih menyenangkan lagi bagi pabrikan Honda secara keseluruhan, karena orang-orang ini sangat kesulitan akibat pandemi Covid-19," lanjut rider yang juga merupakan juara dunia Moto2 2013 ini.

2 dari 2 halaman

Bagai Gelembung Oksigen

Marc Marquez dan Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation
Marc Marquez dan Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Pandemi Covid-19 memang membuat para insinyur dan teknisi para pabrikan Jepang seperti Honda, Yamaha, dan Suzuki pusing tujuh keliling akibat karantina yang sangat ketat. Honda makin kesulitan karena Marquez absen semusim akibat cedera patah lengan. Atas alasan inilah, hasil kali ini disebut Espargaro sangat berharga.

"Dari pengalaman membela pabrikan Eropa, saya tahu mereka tak terlalu kesulitan seperti para pabrikan Jepang. Alhasil, finis 1-2 pada salah satu musim terberat Honda dalam sejarah terasa menyenangkan. Ini bagai gelembung oksigen, dan ini akan membantu kami bekerja tahun depan dan membuat kami lebih sering meraih hasil ini," tutupnya.

Dengan podium ini, Espargaro juga menjadi pembalap ke-15 yang meraih podium pada 2021. Rider lainnya adalah Johann Zarco, Maverick Vinales, Fabio Quartararo, Franco Morbidelli, Enea Bastianini, Brad Binder, Joan Mir, Aleix Espargaro, Alex Rins, Jack Miller, Pecco Bagnaia, Miguel Oliveira, Jorge Martin, dan Marc Marquez.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR