BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Pawi Kembali ke Moto3, Petronas Beri Jalan Dixon di Moto2 2020

26-09-2019 09:25 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Petronas Sprinta Racing, Khairul Idham Pawi (c) SRT Pebalap Petronas Sprinta Racing, Khairul Idham Pawi (c) SRT

Bola.net - Petronas Sprinta Racing resmi mengumumkan akan tetap menaungi Khairul Idham Pawi musim depan, namun kembali menurunkannya di Moto3 alih-alih mempertahankannya di Moto2. Hal ini mereka umumkan lewat rilis resmi pada Kamis (26/9/2019).

Pawi menjalani debut Grand Prix pada 2016 lalu di Moto3 bersama Honda Team Asia dan langsung meraih kemenangan di Argentina dan Jerman. Prestasi ini membuatnya naik ke Moto2 setahun setelahnya bersama tim yang sama, namun gagal meraih hasil baik.

Ia pun pindah ke Petronas Sprinta Racing tahun ini, namun sayangnya mengalami cedera parah pada tangan kanannya akibat terjatuh di Jerez, Spanyol, pada Mei lalu. Sejak itu, Pawi sama sekali belum turun balapan, dan digantikan oleh banyak pebalap.

Meski begitu, hal ini tak mengurangi kepercayaan Petronas Sprinta Racing padanya. Bahkan tim asal Malaysia ini memenuhi permintaannya untuk kembali ke Moto3. Pawi pun akan bertandem dengan John McPhee, yang sudah dipastikan lebih dulu akan tetap bernaung di tim tersebut.

1 dari 2 halaman

Pernyataan resmi Khairul Idham Pawi

"Saya senang bisa bertahan dengan tim ini tahun depan karena rasanya seperti keluarga besar. Saya bilang pada mereka bahwa saya ingin kembali ke Moto3, dan mereka memberi saya peluang bagus," ujar Pawi lewat rilis resmi tim.

"Ini hal yang sangat saya inginkan karena pada 2016 saya hanya setahun turun di Moto3 dan saya merasa masih harus banyak belajar. Punya tandem berpengalaman seperti John akan sangat bermanfaat," ungkap rider 21 tahun ini.

"Target saya untuk 2020 adalah mencoba berada di grup terdepan. Pemulihan cedera saya butuh waktu lama, dan ini mengecewakan. Tak banyak yang bisa saya lakukan selain tetap bekerja keras, tapi semoga operasi terakhir akan membantu saya pulih," lanjut 'KIP'.

2 dari 2 halaman

Buka Jalan untuk Dixon

Pebalap Angel Nieto Team, Jake Dixon (c) Angel Nieto Team Pebalap Angel Nieto Team, Jake Dixon (c) Angel Nieto Team

Di lain sisi, kembalinya Pawi ke Moto3 ini juga seakan membenarkan rumor bahwa Petronas Sprinta Racing akan menggaet Jake Dixon, pebalap Inggris yang tengah menjalani debut Grand Prix bersama Angel Nieto Team di Moto2.

Rumor soal Dixon membela tim tersebut sejatinya telah terkuak dalam pekan balap di Aragon, Spanyol, akhir pekan lalu. "Posisi saya sudah aman di paddock ini. 2020 akan berjalan baik. Saya jelas tak sabar. Tapi saya tak bisa bicara banyak," ujar runner up British Superbike 2018 ini.

Belum diketahui kapan Pawi akan kembali balapan di sisa musim ini, namun Dixon akan kembali turun lintasan dalam Moto2 Thailand di Sirkuit Buriram pada 4-6 Oktober mendatang.

Sumber: Sepang Racing Team/BT Sport

KOMENTAR