BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Patahkan Kutukan, Alex Rins Lega Akhirnya Naik Podium Lagi di Silverstone

30-08-2021 12:44 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) AP Photo
Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, sangat lega akhirnya bisa meraih podium perdana musim ini usai finis kedua di MotoGP Silverstone, Inggris, Minggu (29/8/2021). Podium ini sangat bermakna bagi Rins, mengingat ia sempat empat kali gagal meraih poin dan sekali absen akibat kecelakaan dan cedera pergelangan tangan.

Rins yang tahun lalu tampil sangat kuat, tahun ini dirundung berbagai masalah, dan kerap terjatuh ketika sejatinya punya potensi bertarung di depan. Dalam pekan balap kali ini, ia juga kembali jadi underdog karena Suzuki sangat kesulitan sepanjang pekan balap. Rins dan Joan Mir bahkan hanya duduk di posisi 10 dan 11 di kualifikasi.

Pada lap pembuka, Mir dan Rins pun langsung duduk di posisi 7 dan 8. Namun, sementara Mir mengalami degradasi ban depan lunak dan akhirnya hanya mampu finis kesembilan, Rins terus gaspol menggunakan ban depan medium. Ia bahkan mengambil alih posisi kedua dari Aleix Espargaro pada Lap 12 dan tak terkejar lagi.

1 dari 2 halaman

Buktikan Level Sesungguhnya

Meski tak bisa mengulang kemenangan besarnya pada 2019 saat membekuk Marc Marquez tepat di garis finis, Rins mengaku sangat puas atas hasilnya kali ini. Ini adalah podium perdananya sejak finis kedua di MotoGP Eropa 2020, dan sebagai bukti bahwa sejatinya ia dan Suzuki punya potensi yang besar.

"Saya sangat puas atas hasil finis kedua ini. Saya sempat memeriksa klasemen, dan jujur saja paruh pertama musim ini kami berkali-kali gagal finis, banyak kecelakaan. Namun, saya selalu bilang kami punya level dan ritme yang baik, dan akhirnya kini kami kembali finis di depan," ujarnya via Crash.net.

"Saya sangat senang, karena start dari posisi 10 tidaklah mudah. Saya hanya coba menyalip sesegera mungkin. Tim kami layak dapat hasil ini, begitu pula diri saya sendiri. Jadi, kami akan coba mempertahankan performa ini karena saya rasa kami bisa menang," lanjut rider Spanyol berusia 25 tahun ini.

2 dari 2 halaman

Ingin Lanjutkan Tren di Seri Aragon

Podium ini juga melecut motivasi Rins untuk tampil baik pula di Seri Aragon, Spanyol, pada 10-12 September nanti, apalagi sirkuit itu bersahabat dengan Suzuki. Tahun lalu, Rins pun menang dan Mir finis kedua di Seri Aragon, dan finis di posisi 2-3 di Seri Teruel di trek yang sama. Namun, Rins juga ogah jemawa karena rival lain juga garang.

"Saya rasa kami bisa mempertahankan momentum, namun jelas tak mudah karena para rival sangat kuat. Dua tahun terakhir kami tampil hebat, tahun lalu meraih hasil sangat baik, dapat podium ganda di kedua balapan, namun tahun ini semuanya berubah. Ada Yamaha, Ducati, Aprilia, dan Honda yang sangat kuat. Jadi, kita lihat saja nanti apakah kami bisa terus tampil begini," tutupnya.

Kini Rins naik ke peringkat 11 pada klasemen pembalap, mengoleksi 64 poin, sama seperti koleksi rider Pramac Racing, Jorge Martin, di peringkat 10. Ia pun tertinggal 77 poin dari Mir yang ada di peringkat kedua.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR