BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Para Rival: Valentino Rossi Balapan di Timnya Sendiri, Mengapa Tidak?

23-07-2021 12:11 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Petronas SRT

Bola.net - Valentino Rossi boleh jadi sudah memberikan sinyal kuat dirinya akan pensiun dari MotoGP akhir musim nanti, usai sulit meraih hasil baik dalam sembilan seri perdana 2021. Namun, para rivalnya ternyata ragu-ragu ia bakal gantung helm. Mereka yakin apa pun bisa terjadi selama Rossi masih bungkam soal masa depannya.

Saat ini, Rossi berusia 42 tahun dan tengah menjalani musimnya yang ke-26 di ajang Grand Prix. Pada paruh pertama musim ini, sang sembilan kali juara dunia ini sayangnya baru sekali masuk 10 besar dan sudah lima kali gagal meraih poin, yang tiga di antaranya akibat kecelakaan dan gagal finis.

Kontraknya dengan Yamaha sendiri akan habis pada akhir musim nanti, dan Petronas Yamaha SRT sudah mulai memberi kode bahwa mereka ingin melanjutkan program junior dengan rider muda. Meski begitu, Rossi berdalih diskusi internal dengan Yamaha masih berjalan soal masa depannya.

1 dari 3 halaman

Menyenangkan Lihat Rossi di Lintasan

Valentino Rossi dan Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP
Valentino Rossi dan Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Uniknya, tim balap Rossi, Aramco Racing Team VR46, yang tetap jadi tim satelit Ducati, akan menurunkan dua rider di MotoGP 2022. Sang adik, Luca Marini, akan jadi salah satu ridernya, tapi tandemnya belum ditentukan. Marco Bezzecchi jadi kandidat kuat, namun banyak pihak mendorong Rossi untuk mengambil slot tersebut.

Salah satu yang mendukung Rossi adalah Pangeran Arab Saudi, Abdulaziz bin Abdullah Al Saud, yakni salah satu sponsor VR46 Team. Rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, uniknya juga penasaran melihat Rossi kembali mengendarai Ducati, dan yakin bahwa kehadiran rider Italia itu sangatlah penting bagi MotoGP.

"Vale sudah jadi idola saya sejak saya masih berusia lima atau enam tahun. Tak peduli apa motornya, melihatnya balapan di lintasan selalu menyenangkan, dan ini bagus untuk kejuaraan kami. Menyenangkan jika ia ada di paddock ini. Jadi, mengapa tidak?" ungkapnya kepada Speedweek pada Kamis (22/7/2021).

2 dari 3 halaman

Opini Brad Binder dan Marc Marquez

Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder (c) KTM Images/Rob Gray (Polarity Photo)

Seperti Quartararo, rider Red Bull KTM Factory Racing, Brad Binder, juga dikenal sebagai penggemar Rossi sejak anak-anak. Juara dunia Moto3 2016 asal Afrika Selatan ini menyebut bahwa Rossi merupakan legenda MotoGP dan selalu mampu mencari motivasi. Alhasil, Binder pun takkan kaget jika ia masih akan balapan pada 2022.

"Apakah Vale akan mengumumkan keputusannya pensiun? Siapa tahu? Ia adalah legenda olahraga ini. Ia merupakan pahlawan saya selama saya ingat pertama kalinya menonton MotoGP. Ia punya karier yang menakjubkan dan saya rasa ia masih punya semangat tinggi untuk bertarung. Kita lihat saja nanti keputusan finalnya," ujarnya.

Marc Marquez, meski belakangan menjalin rivalitas sengit dengan Rossi, diketahui sebagai fans The Doctor sejak kecil. Rider Repsol Honda ini juga mengaku takkan heran jika Rossi bakal membuat gebrakan tetap lanjut tahun depan. "Anda takkan pernah tahu apa yang akan dilakukan Vale. Sekarang saja ia masih balapan dalam usia 42 tahun," tuturnya.

Sumber: Speedweek

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR