BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Para Pembalap Yamaha Girang Cal Crutchlow Gabung Jadi Test Rider

13-11-2020 11:00 | Anindhya Danartikanya

Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow (c) AFP Pembalap LCR Honda, Cal Crutchlow (c) AFP

Bola.net - Meski belum ada pengumuman resmi, Cal Crutchlow menyatakan bahwa dirinya sudah sangat dekat dengan kata sepakat bersama Yamaha untuk menjadi test rider mereka di MotoGP 2021, menggantikan Jorge Lorenzo. Fabio Quartararo, Maverick Vinales, dan Valentino Rossi pun girang rider Inggris itu akan kembali ke pabrikan Garpu Tala.

Crutchlow sendiri sudah dipastikan bakal terdepak dari LCR Honda sejak Juni lalu. Ia akan digantikan oleh Alex Marquez yang juga didepak dari Repsol Honda untuk memberi jalan kepada Pol Espargaro. Sejak itu, Crutchlow menjalani negosiasi dengan Aprilia sebagai pengganti Andrea Iannone yang didera kasus doping.

Namun, meski Iannone dipastikan dilarang balapan selama empat tahun, Crutchlow akhirnya menolak tawaran Aprilia. Rider Inggris ini justru banting setir ke Yamaha, yang menawarinya jabatan test rider. Ia sendiri pernah membela Yamaha pada 2011-2013, dan pengalamannya di Ducati dan Honda akan sangat berharga.

Kepada Crash.net, Kamis (12/11/2020), Quartararo dan Vinales, mengaku bakal menyambut hangat kehadiran Crutchlow di Yamaha. Rossi, meski meyakini Lorenzo juga sejatinya bisa menjadi test rider yang baik, juga menyambut baik kedatangan Crutchlow yang juga kawan baiknya.

1 dari 4 halaman

Penting Punya Rider yang Mau Berkendara Sungguh-Sungguh

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT Pembalap Petronas Yamaha SRT, Fabio Quartararo (c) SRT

"Saya rasa bergabungnya Cal yang sangat penting bagi kami. Tahun ini, dengan test rider yang kami punya, kami belum menjalani begitu banyak lap. Jadi, bakal menyenangkan melihat semua pabrikan punya test rider yang benar-benar mau berkendara," ujar Quartararo.

Rider asal Prancis ini pun mengaku sangat senang jika Yamaha memang bakal menggaet Crutchlow, yang masih aktif balapan sepanjang 2020 dan masih berhasrat berkendara dengan cepat tahun depan. Ia juga berharap Crutchlow bisa membantu Yamaha menemukan solusi tepat untuk segala masalah teknis mereka.

"Yamaha harus menjalani banyak uji coba demi mengembangkan motor kami. Itulah yang hal tak kami punya sekarang, dan mengingat Cal pernah mengendarai Honda, Yamaha, dan Ducati, maka ini kesempatan besar bagi kami. Saya harap kami bisa menemukan sesuatu bersama Cal tahun depan," lanjut El Diablo.

2 dari 4 halaman

Bisa Berbagi Informasi dari Honda

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha

Vinales pun menyatakan bahwa karakter Crutchlow yang blak-blakan juga bakal sangat membantu Yamaha introspeksi diri. "Jelas bakal sangat penting punya Cal, karena yang suka darinya adalah ia sangat blak-blakan dalam berkomentar, dan jika ada hal buruk tentang Anda, ia akan mengatakannya," ungkapnya.

"Kami akan cari tahu apakah situasi kami baik atau tidak, namun tak bisa dilakukan dalam lima bulan. Kami harus tahu dalam satu hari. Kami harus cari kemajuan signifikan. Memang ini keputusan Yamaha, tapi saya merasa Cal bisa memperbaiki motor kami," lanjut Vinales, yang menantikan informasi penting dari Crutchlow soal Honda.

"Kita lihat Honda punya grip ban belakang yang sangat baik, dan Cal tahu itu. Jadi, jika ia punya informasi soal itu, bakal bagus. Ketika Cal sedang menjalani hari baik, ia sangat sulit dikalahkan. Jadi, ia bisa bawa banyak info dan saya suka karakternya yang blak-blakan. Kami membutuhkan karakter ini dalam tim kami," ujar Top Gun.

3 dari 4 halaman

Masih Jadi Pembalap Aktif Bisa Menguntungkan

Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pembalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

"Jujur saja, saya belum tahu apakah Cal sudah tanda tangan kontrak. Namun, bagi saya, menggaet Cal adalah ide bagus, karena ia cepat dan masih jadi pembalap aktif. Jadi, saya senang karena Cal dan saya punya hubungan baik. Namun, saya juga merasa Andrea Dovizioso opsi yang sangat baik untuk Yamaha," tutur Rossi.

Sembilan kali juara dunia ini dikenal sebagai salah satu orang yang mendukung Yamaha menggaet Lorenzo pada awal tahun ini. Namun, mengingat rider Spanyol itu sudah tak balapan selama setahun, mungkin Crutchlow dan Dovizioso merupakan opsi yang lebih baik.

"Saat saya tahu Jorge bergabung dengan Yamaha, saya sangat senang, karena Jorge sangat hebat mengendarai M1. Tapi memang tergantung situasi, saya rasa, mengingat Dovi dan Cal masih balapan tahun ini, mungkin mereka lebih siap," pungkas The Doctor.

Sumber: Crashnet

4 dari 4 halaman

Video: Joan Mir Sukses Rebut Kemenangan di MotoGP Eropa

KOMENTAR