BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Para Pembalap MotoGP Kompak Kaget Marc Marquez Absen Lagi di Qatar

26-03-2021 13:28 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Para pembalap MotoGP terkejut saat mendengar pengumuman Repsol Honda bahwa Marc Marquez absen lagi di Seri Qatar pada 26-28 Maret dan Seri Doha pada 2-4 April di Sirkuit Losail. Pasalnya, Marquez sudah kembali latihan motor selama beberapa pekan terakhir usai delapan bulan dirundung patah tulang humerus kanan.

Pada Sabtu (13/3/2021) lalu, Marquez diketahui sudah berlatih minibike di Sirkuit Alcarras, lalu latihan motor RC213V-S di Sirkuit Barcelona-Catalunya dan Portimao sepulang dari Qatar untuk vaksinasi Covid-19. Marquez sendiri menunjukkan semua kegiatan ini di media sosial, hingga para rival yakin ia bakal balapan di Qatar.

Duet Suzuki Ecstar, Joan Mir dan Alex Rins, yang tinggal di Doha sejak uji coba, bahkan sempat bertemu dengan Marquez di gym hotel Ritz Carlton tempat mereka menginap. Melihat kekuatan fisiknya, Mir dan Rins pun sempat yakin delapan kali juara dunia itu akan kembali balapan di Qatar. Nyatanya, justru sebaliknya.

Komentar senada diungkapkan tandem anyar Marquez, Pol Espargaro, yang juga sempat melihat optimisme darinya saat berjumpa dalam sesi pemotretan tim pada tengah Februari lalu. Rasa kaget juga melanda Jack Miller (Ducati Lenovo Team), Fabio Quartararo dan Maverick Vinales (Monster Energy Yamaha).

Berikut komentar mereka mengenai keputusan Marquez lewat Crash.net dan MotoGP.com, Kamis (25/3/2021).

1 dari 7 halaman

Joan Mir

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing

"Kami ngobrol sedikit, namun kami tak banyak omong, karena kala itu kami sedang latihan. Ia tengah bekerja untuk pemulihannya dan itu sangat sulit. Saya melihatnya baik-baik saja, namun pada akhirnya saya tak mengamatinya dan melihat alat berat apa yang ia pakai!

"Namun, hal yang aneh adalah, sekalinya Anda menguji bahu di satu trek dengan satu motor, jika Anda merasa tak tepat melakukannya dan merasa tak nyaman, Anda takkan kembali lagi untuk mengujinya di trek lain. Jadi, ini hal yang bikin saya mengira Marc bakal balapan di Qatar, karena jika ia siap, maka ia akan coba menjalani banyak kilometer untuk mulai di sini, bukan? Nyatanya tidak begitu."

2 dari 7 halaman

Pol Espargaro

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

"Saya tak punya banyak hal untuk dikatakan. Ia jelas mengikuti instruksi dokter dan ia sudah mengatakannya berkali-kali. Jelas, saya sebagai pembalap, dan Honda, sangat menantikan Marc untuk kembali ke tim kami, karena ia akan memberikan bantuan besar kepada kami semua.

"Bagi saya, kembalinya Marc akan membantu saya berkembang sebagai pembalap. Memiliki pembalap terbaik di dunia di sisi saya sangatlah penting, begitu juga bagi Honda sebagai pabrikan demi meningkatkan performa motor. Saat ia kembali, pasti bakal jadi momen besar, dan saya rasa ia akan segera kembali ke level top dan naik podium."

3 dari 7 halaman

Jack Miller

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse

"Tak ada yang tahu lebih banyak ketimbang Marc sendiri soal kesulitan yang ia hadapi tahun lalu. Ada perbedaan besar antara mengendarai motor jalanan dan datang ke sini untuk gaspol tiap lap dengan 22 rider lain di sekeliling Anda.

"Menurut saya, ini tidak aneh. Tapi ia pasti akan kembali balapan, dan akan kembali kuat, dan soal kapannya akan benar-benar terserah Marc. Kami semua jelas menantikan ia kembali. Jelas ia akan kehilangan beberapa poin penting, namun saya yakin ia tak memikirkan itu dan hanya memikirkan cara kembali naik motor."

4 dari 7 halaman

Fabio Quartararo

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

"Saya agak kaget, karena saya melihatnya berlatih sangat intensif di atas sepeda, begitu juga saat latihan motor di Barcelona dan kemudian di Portimao. Jadi, saya berpikir, 'Oke, ia akan kembali'. Tapi saya kaget soal keputusannya ini.

"Saya tak tahu benar soal kondisi bahunya, namun yang terpenting adalah keselamatan dan kesehatannya. Saya yakin ia sudah merasa siap, namun para dokternya juga pasti tak mau melakukan kesalahan yang sama. Ketika semuanya lebih aman bagi Marc, saya rasa kami akan segera berjumpa lagi dengannya."

5 dari 7 halaman

Alex Rins

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

"Bagi saya ini aneh, karena saya berjumpa dengannya dua pekan lalu di Qatar. Kala itu saya merasa ia bakal bisa berkendara di sini karena ia merasa bugar. Tapi pada akhirnya tak terjadi. Jadi, saya pun mengharapkan pemulihan yang baik untuknya agar ia bisa segera kembali."

6 dari 7 halaman

Maverick Vinales

Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Maverick Vinales (c) Yamaha MotoGP

"Saya rasa keputusan ini mengejutkan semua orang, karena kita sudah lihat ia kembali mengendarai motor. Kami pikir ia akan datang ke Qatar, karena ini bagus untuk semua orang dan rivalitas kami, serta bagi saya karena dengan Marc, semua pembalap jadi tampil lebih ngotot. Tapi saya rasa kami harus tetap fokus pada persaingan, karena ada banyak peluang untuk menjalani pertarungan yang sangat baik."

Sumber: Crashnet, MotoGP

7 dari 7 halaman

Video: Gaya Nyeleneh Valentino Rossi di MotoGP

KOMENTAR