BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Pangeran Arab Saudi Tegas Sediakan 18 Juta Euro untuk Tim Valentino Rossi di MotoGP 2022

20-08-2021 13:37 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Yamaha MotoGP
Pembalap Petronas Yamaha SRT, Valentino Rossi (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud selaku pemilik Tanal Entertainment Sport & Media akhirnya buka suara soal potensi kerja sama dengan Valentino Rossi di MotoGP 2022 lewat VR46 Team. Kepada GPOne, Kamis (19/8/2022), ia mengaku kesepakatan telah dicapai kedua belah pihak dan nilainya mencapai 18 juta euro.

Seperti yang diketahui, Tanal Entertainment Sport & Media akan menjadi salah satu sponsor VR46 Team, yang mulai musim depan akan menurunkan dua pembalap sekaligus di MotoGP, yakni Luca Marini, yang berpotensi ditandemkan dengan rekan sesama anggota VR46 Riders Academy, Marco Bezzecchi.

Tadinya, Tanal Entertainment Sport & Media dinyatakan akan menyalurkan sponsor pada VR46 Team lewat Aramco. Namun, pihak pemasaran Aramco berkali-kali membantah adanya kerja sama dengan skuad Rossi. Uniknya, kali ini Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud ogah membicarakan hal tersebut.

1 dari 2 halaman

Umumkan Kesepakatan Terlalu Dini

Pembalap Sky VR46 Avintia, Luca Marini (c) Esponsorama Racing
Pembalap Sky VR46 Avintia, Luca Marini (c) Esponsorama Racing

Alih-alih mengklarifikasi soal Aramco, Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud hanya menegaskan bahwa kesepakatan sponsorship dengan VR46 Team sudah ditandatangani. "Kami sudah mencapai kesepakatan dengan Vale dan VR46. Sayang, masalah muncul karena kami mengumumkannya terlalu dini," ungkapnya.

"Secara hukum, proyek-proyek ini harusnya diumumkan secara nasional terlebih dahulu, dan kemudian barulah secara internasional. Dalam beberapa hari, kami akan mencapai tahap finalisasi detail-detail terakhir dengan empat kementerian yang terkait, yakni olahraga, ekonomi, ekonomi internasional, dan media," lanjutnya.

Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud juga menyatakan bahwa pemerintahan Arab Saudi akan menggelar konferensi pers lebih masif pada Rabu (25/8/2021) soal kerja sama ini. "Pekan depan, pada Rabu, akan ada konferensi resmi dari pemerintah di mana kami akan memberikan semua detailnya," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Pentingnya Valentino Rossi bagi Arab Saudi

Pembalap Sky VR46 Avintia, Luca Marini (c) Esponsorama Racing
Pembalap Sky VR46 Avintia, Luca Marini (c) Esponsorama Racing

Ketertarikan Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud dalam bekerja sama dengan VR46 ini tak pelak lagi sebagai penyokong 'Saudi Vision 2030', yakni strategi bisnis yang diluncurkan demi mereduksi ketergantungan Arab Saudi pada penjualan minyak bumi. Mereka ingin memperluas cakupan ekonomi lewat sektor kesehatan, olahraga, edukasi, infrastruktur, dan pariwisata.

Tanal Entertainment Sport & Media pun lebih fokus pada olahraga balap motor dan mobil. "Kami punya banyak proyek dan beberapa di antaranya juga akan melibatkan Vale. Kami juga ingin menggelar MotoGP di Arab Saudi. Kami masih membicarakannya dengan kementerian olahraga, namun hal ini akan terwujud segera," tutur sang pangeran.

Pangeran Abdullah bin Saud bin AbdulAziz Al Saud juga menanggapi keputusan Rossi untuk pensiun. "Semua ingin Vale tetap balapan, tapi kami tak bisa memaksanya. Saya akan senang jika ia tetap balapan di MotoGP, tapi ia masih bisa berpartisipasi dalam balapan mobil di Eropa dan Arab. Kami akan punya banyak hal untuk dibicarakan, Vale adalah sosok penting bagi kami," pungkasnya.

Sumber: GPOne

KOMENTAR