BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Opsi Petronas SRT Menipis: Garrett Gerloff Resmi Tetap di WorldSBK 2022

22-07-2021 15:01 | Anindhya Danartikanya

Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff (c) Yamaha Racing
Pembalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff (c) Yamaha Racing

Bola.net - Pembalap Amerika Serikat yang belakangan meramaikan masa silly season MotoGP, Garrett Gerloff, resmi diumumkan memperpanjang kontraknya dengan Yamaha Motor Europe pada Kamis (22/7/2021). Tanda tangan kontrak baru berdurasi setahun, berarti Gerloff akan tetap turun di WorldSBK 2022.

Gerloff merantau ke Eropa usai menjuarai MotoAmerica kelas supersport pada 2016 dan 2017, prestasi yang membuatnya naik ke kelas Superbike pada 2018 dan duduk di peringkat ketiga pada 2019. Hasil ini membuatnya dilirik oleh Yamaha Motor Europe untuk diturunkan di WorldSBK 2020 bareng GRT Yamaha WorldSBK.

Dalam debutnya di WorldSBK, ia pun langsung memukau dengan meraih tiga podium. Tahun ini, dalam empat seri perdana, ia tampil lebih kompetitif dan sudah meraih dua podium. Namun, namanya makin panas diperbincangkan kancah balap motor internasional usai beberapa kali tampil di MotoGP.

1 dari 3 halaman

Sempat Disanterkan ke MotoGP 2022

Garrett Gerloff saat membela Petronas Yamaha SRT di MotoGP Assen 2021. (c) Petronas SRT
Garrett Gerloff saat membela Petronas Yamaha SRT di MotoGP Assen 2021. (c) Petronas SRT

Tahun lalu, Gerloff mendadak diminta Monster Energy Yamaha untuk datang ke MotoGP Valencia, dijadikan rider cadangan Valentino Rossi yang kala itu tengah menunggu hasil tes negatif Covid-19. Ia sempat turun dalam sesi FP1 dan FP2, sebelum YZR-M1 yang ia kendarai diambil alih Rossi yang akhirnya terbukti negatif Covid-19.

Gerloff kembali dipanggil Petronas Yamaha SRT ke MotoGP Assen, Belanda, tahun ini, jadi pengganti Franco Morbidelli yang mendadak absen akibat operasi lutut. Sejak itu, ia pun santer digosipkan bakal pindah ke MotoGP bersama tim yang sama, usai tim Malaysia ini terancam kehilangan dua rider sekaligus.

Pasalnya, Morbidelli jadi kandidat kuat pengganti Maverick Vinales di Monster Energy Yamaha tahun depan, sementara Rossi telah memberi sinyal kuat akan pensiun. Namun, dengan diperpanjangnya kontrak Gerloff oleh Yamaha Motor Europe, maka rider 25 tahun ini dipastikan takkan pindah ke MotoGP 2022.

Uniknya, dalam rilis resminya, Yamaha Motor Europe tak menyebutkan tim mana yang akan dibela Gerloff di WorldSBK musim depan. Ini menjadi indikasi bahwa ia bisa dipindahkan ke tim utama, yakni Pata Yamaha WorldSBK, usai Andrea Locatelli sulit tampil kompetitif.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Garrett Gerloff

"Saya sangat senang akhirnya menandatangani kontrak ini dengan Yamaha untuk melanjutkan kerja sama dengan mereka tahun depan. Saya bersenang-senang di Eropa selama satu setengah tahun belakangan, dan saya sangat puas atas progres yang saya lihat pada diri saya, GRT Yamaha WorldSBK, dan Yamaha R1.

"Kami mengalami kemajuan serius musim ini, membuat kami terus konsisten menantang perebutan podium, namun saya tahu masih banyak hasil baik yang akan datang. Kami sudah sangat dekat dengan kemenangan perdana, begitu dekat di Donington Park, dan dengan dukungan Yamaha dan tim, saya yakin kami bisa melakukannya sebelum musim berakhir."

Saat ini Gerloff berada di peringkat keenam pada klasemen WorldSBK dengan koleksi 93 poin. Ia akan kembali turun lintasan dalam Seri Assen, Belanda, yang digelar pada 23-25 Juli mendatang. Ini adalah kedua kalinya Gerloff berkendara di Assen, dan pengalamannya di MotoGP diharapkan bisa membantunya naik podium lagi.

Sumber: Yamaha Racing

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR