BERITA PIALA EROPA BUNDESLIGA LAINNYA

Operasi Lengan Sukses, Fabio Quartararo Optimistis Tatap MotoGP Le Mans

05-05-2021 08:25 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo, telah menjalani operasi lengan kanan secara sukses di Rumah Sakit CH Aix en Provence, Prancis, usai mendadak menderita Sindrom Kompartemen Eksersional Kronis (CESC) atau arm pump dalam balapan MotoGP Jerez, Spanyol, pada Minggu (2/5/2021).

Quartararo mengalami cedera ini pada 2019, dan telah menjalani operasi. Sejak itu, ia tak lagi mengalaminya sampai Seri Portimao 2020. Usai menang di Seri Doha pada awal April, Quartararo juga sempat terekam mengaku kepada Johann Zarco dan Jorge Martin bahwa lengan kanannya kesakitan akibat tendinitis.

Uniknya, cedera ini tak muncul saat ia merebut kemenangan di Portimao dua pekan lalu. Ia juga mengaku biasanya sama sekali tak mengalami masalah fisik di Jerez, terbukti dari dua kemenangannya tahun lalu. Atas alasan ini, Quartararo mengaku bingung soal penyebab yang membuat arm pump-nya kambuh.

1 dari 3 halaman

Absen dari Uji Coba Pascabalap

Quartararo yang start dari pole, turun ke posisi keempat pada lap pembuka, namun mengambil alih pimpinan balap dari Jack Miller pada Lap 4. Ia pun mencetak lap tercepat pada Lap 5, dan lalu melenggang dengan keunggulan lebih dari sedetik. Namun, cederanya kambuh pada Lap 14, dan akhirnya kembali tersalip Miller pada Lap 16.

Sejak itu, rider Prancis ini terjun bebas dan tersalip rider lain. Meski kesakitan, Quartararo ngotot melanjutkan balapan, meski akhirnya hanya duduk di posisi 13. Sayang, ia harus absen dari uji coba pascabalap pada Senin (3/5/2021) untuk menjalani pemeriksaan medis dan operasi pada Selasa (4/5/2021).

Berikut pernyataan resmi Quartararo yang dirilis oleh Monster Energy Yamaha pada Selasa (4/5/2021). Ia pun diperkirakan tetap bisa turun lintasan di seri kandangnya, MotoGP Prancis yang bakal digelar di Sirkuit Le Mans pada 14-16 Mei mendatang.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Fabio Quartararo

"Operasi pada sindrom kompartemen berjalan sangat baik. Saya masih merasa agak ngantuk akibat anestesi, namun saya baik-baik saja. Dokter bilang bahwa semuanya berjalan sesuai harapan.

"Rasa sakit luar biasa yang saya rasakan dalam balapan di Jerez menghalangi saya memperebutkan kemenangan. Jadi, saya sangat menantikan masa-masa-masa di rumah dan mulai bekerja pada lengan pekan ini, hingga saya bisa 100% bugar di Le Mans.

"Saya merasa sangat positif soal pemulihan saya. Secara mental, saya kuat dan tak sabar untuk kembali mengendarai motor M1 saya sesegera mungkin."

Sumber: Monster Energy Yamaha

3 dari 3 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR