Oliveira Teken Kontrak 2 Tahun dengan RNF, Bagaimana Nasib Rins-Marquez?

Anindhya Danartikanya | 23 Juni 2022, 09:46
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) KTM Images
Pembalap Red Bull KTM Factory Racing, Miguel Oliveira (c) KTM Images

Bola.net - Silly season MotoGP musim ini memang cukup menghebohkan akibat Suzuki yang mendadak memutuskan hengkang dari kejuaraan ini akhir musim nanti. Kabar baru yang tersiar di paddock pun menyatakan bahwa Alex Rins merapat ke LCR Honda untuk menggantikan Alex Marquez.

Dalam MotoGP Jerman di Sachsenring akhir pekan lalu, Miguel Oliveira memang mendadak santer dikabarkan merapat ke Aprilia Racing lewat WithU RNF. Pasalnya, sang ayah sekaligus sang manajer pribadi, Paulo Oliveira, menyatakan bahwa diskusinya dengan Gresini Racing tak mengalami progres.

Pada Rabu (22/6/2022), Sky Sport pun melaporkan bahwa Oliveira bahkan sudah tangan kontrak berdurasi dua tahun dengan Aprilia untuk diturunkan di RNF. Tandemnya pun masih belum ditentukan, mengingat sang team principal, Razlan Razali, menginginkan pembalap muda.

1 dari 2 halaman

Alex Rins Bisa Jadi Tandem Ai Ogura

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

Pembalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Racing

Bergabungnya Oliveira ke RNF pun jelas menghalangi langkah Rins merapat ke tim yang sama. Rider Spanyol tersebut pun saat ini sangat santer dikabarkan bakal membela LCR Honda, bertandem dengan Ai Ogura yang sudah sejak akhir 2021 digadang-gadang akan menggantikan Takaaki Nakagami.

Jika Rins benar-benar pindah ke LCR Honda, maka ia akan menggantikan posisi Alex Marquez, yang sudah membela tim ini sejak musim lalu namun sangat sulit tampil kompetitif. Atas alasan inilah, nasib Marquez jadi terkatung-katung, dan ini juga merupakan bukti bahwa kedudukannya di Honda sama sekali tak bergantung pada sang kakak, Marc Marquez.

Sky Sport pun menyatakan Marquez bisa jadi opsi mumpuni untuk Gresini Racing, yang akan ditinggalkan Enea Bastianini. Seperti yang diketahui, Bastianini berpeluang meninggalkan skuad tersebut karena Ducati sedang mempertimbangkannya untuk tim pabrikan. Andaipun tak terpilih jadi rider tim pabrikan Ducati, 'Bestia' hendak dipindahkan ke Pramac Racing.

2 dari 2 halaman

Alex Marquez Sudah Diincar Ducati Sejak 2019

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

Pembalap LCR Honda Castrol, Alex Marquez (c) LCR Honda

Sebagai catatan, sebelum naik ke MotoGP pada 2020 bersama Honda, Marquez juga sempat melakukan negosiasi dengan Ducati, yang kala itu ingin meletakkan juara dunia Moto3 2014 dan Moto2 2019 tersebut di Pramac Racing, yang hingga kini masih menjadi tim junior.

Di lain sisi, Gresini Racing juga punya pilihan lain yang tak kalah oke, yakni Raul Fernandez, runner up Moto2 2021 yang saat ini sedang menjalani debut MotoGP di Tech 3 KTM Factory Racing. Fernandez terancam terdepak dari skuad Prancis itu karena KTM akan kembali menggaet Pol Espargaro dan ingin mempertahankan Remy Gardner.

Sebagai catatan, sejauh ini baru delapan pembalap yang telah mengamankan kursi di MotoGP 2023. Mereka adalah Maverick Vinales, Aleix Espargaro (Aprilia Racing), Pecco Bagnaia (Ducati Lenovo Team), Fabio Quartararo, Franco Morbidelli (Monster Energy Yamaha), Brad Binder, Jack Miller (Red Bull KTM), dan Marc Marquez (Repsol Honda).

Sumber: Sky Sport

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR