Oliveira Resmi Gantikan Espargaro, Binder Bertahan di Red Bull KTM Factory Racing

Anindhya Danartikanya | 25 Juni 2020, 21:05
Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose
Miguel Oliveira (c) KTM/Gold and Goose

Bola.net - Menyusul hengkangnya Pol Espargaro menuju Repsol Honda di MotoGP 2021, pada Kamis (25/6/2020), Red Bull KTM Factory Racing pun secara resmi mengumumkan bergabungnya Miguel Oliveira sebagai penggantinya musim depan. Mereka juga mengumumkan bahwa Brad Binder dan Iker Lecuona mendapat perpanjangan kontrak selama setahun.


Kerja sama antara Oliveira dan KTM terjalin pertama kali lewat Red Bull KTM Ajo di Moto3 2015, di mana ia men menggebrak dengan merebut 9 podium dan 6 kemenangan. Ia bertarung sengit dengan Danny Kent memperebutkan gelar dunia, meski akhirnya jadi runner up dengan margin 6 poin saja.

Oliveira pun naik ke Moto2 pada 2016 bersama Leopard Racing dengan sasis Kalex, namun justru paceklik podium. Ia pun akhirnya bergabung kembali dengan Red Bull KTM Ajo di kelas yang sama pada 2017 dan 2018, meraih total 21 podium, 6 kemenangan, dan jadi runner up pada 2018. Inilah yang membuat KTM tertarik menurunkannya di MotoGP lewat Red Bull KTM Tech 3 pada 2019.

1 dari 3 halaman

Brad Binder dan Iker Lecuona

Pebalap Red Bull KTM Ajo, Brad Binder (c) KTM

Sama seperti Oliveira, Binder juga memulai kerja samanya dengan KTM lewat Red Bull KTM Ajo di Moto3 pada 2015, di mana ia duduk di peringkat 6. Pada 2016, ia pun sukses merebut gelar dunia usai mengoleksi 14 podium dan 7 kemenangan.

KTM pun menaikkannya ke Moto2 pada 2017 lewat tim yang sama, kembali bertandem dengan Oliveira dan duduk di peringkat 8. Setahun setelahnya, Binder duduk di peringkat 3 dan jadi runner up di belakang Alex Marquez pada 2019.

Prestasi inilah yang membuat KTM tertarik menaikkannya ke MotoGP bersama Red Bull KTM Factory Racing. Kepercayaan KTM pada Binder begitu tinggi hingga ia mendapatkan perpanjangan kontrak bahkan sebelum musim 2020 dimulai.

Lecuona, yang telah menjalani debutnya di MotoGP dalam balapan Seri Valencia, Spanyol, pada 2019 lalu, juga akhirnya mendapatkan perpanjangan kontrak dan dipastikan bertahan di Red Bull KTM Tech 3.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi Brad Binder, Miguel Oliveira, dan Iker Lecuona

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Iker Lecuona (c) Tech 3

Pernyataan Brad Binder:

"Saya merasa sangat bersemangat mendapatkan kesempatan setahun lagi mengendarai RC16 Red Bull KTM Factory Racing dan saya sangat tak sabar memulai musim ini dan balapan pertama saya di MotoGP. Sungguh sebuah kehormatan bisa mendapatkan kesempatan ini dan saya melihat masa depan yang cerah dan masa-masa menyenangkan bersama KTM."

Pernyataan Miguel Oliveira:

"Saya sangat senang atas kesempatan yang diberikan KTM kepada saya selama dua tahun ke depan. Saya merasa mereka percaya saya bisa menunjukkan kemampuan saya sebagai pebalap dalam proyek ini. Sejak hari pertama, saya telah memberikan yang terbaik pada motor ini dan yakin pada potensinya untuk meraih hasil baik, dan inilah yang kami ingin tunjukkan dalam waktu dekat. Saya rasa kami berada di tempat yang tepat untuk melakukannya, dan bagi saya untuk berkembang sebagai pebalap. Ini adalah kesempatan hebat. Kami masih harus fokus pada 2020, tapi saya merasa senang mendapatkan tantangan hebat ini. Terima kasih kepada Keluarga KTM."

Pernyataan Iker Lecuona:

"Saya ingin berterima kasih banyak kepada Red Bull KTM Tech 3 atas kepercayaan yang mereka berikan kepada saya untuk proyek 2021 mereka. Saya merasa nyaman di atas RC16 terbaru sejak hari pertama, dan motor ini telah mengalami progres baik dibanding konfigurasi yang kami pakai di balapan Valencia pada 2019. Saya rasa kami bisa menjalani balapan-balapan yang hebat dengan mesin ini. Menandatangani kontrak untuk 2021 memberi saya ketenangan demi meraih target saya sebagai debutan terbaik tahun ini. Saya merasa seperti berada di dalam keluarga yang hebat di sini."

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR