Oleh-Oleh dari MotoGP Inggris: Deretan Rekor Baru Tergores di Silverstone

Anindhya Danartikanya | 30 Agustus 2021, 14:35
Oleh-Oleh dari MotoGP Inggris: Deretan Rekor Baru Tergores di Silverstone
Alex Rins, Fabio Quartararo, dan Aleix Espargaro (c) AP Photo

Bola.net - Usai gelaran tahun lalu dibatalkan akibat pandemi Covid-19, MotoGP Inggris akhirnya kembali ke Sirkuit Silverstone pada 27-29 Agustus. Dengan cuaca bersahabat, gelaran kali ini pun berjalan sangat baik, apalagi ditambah atmosfer penonton yang meriah usai diperbolehkan hadir dengan kapasitas penuh.

Aksi-aksi di lintasan yang disajikan para pembalap pun sangat menarik, di antaranya kemenangan yang diraih oleh Fabio Quartararo, kembalinya Alex Rins ke podium, dan gebrakan Aleix Espargaro dan Aprilia yang akhirnya merebut podium yang sudah mereka idam-idamkan sejak lama.

Dalam pekan balap tersebut ada sederet pula rekor baru yang tergores, dan datangnya tak hanya dari para pembalap yang sukses menapakkan kaki di tangga podium. Apa saja sih? Simak ulasannya berikut ini ya, Bolaneters.

1 dari 3 halaman

Catatan Unik dari MotoGP Inggris

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

1) Pol Espargaro merebut pole perdananya bersama Repsol Honda. Ini pole perdana Espargaro sejak MotoGP Eropa 2020, saat ia masih membela KTM. Ini juga pole perdana Honda sejak MotoGP Teruel 2020 (Takaaki Nakagami) dan pole perdana Repsol Honda sejak MotoGP Valencia 2019 (Marc Marquez). Espargaro juga pole sitter pertama Repsol Honda selain Marc Marquez sejak Dani Pedrosa di MotoGP Malaysia 2017.

2) Fabio Quartararo sukses meraih podiumnya yang kedelapan sekaligus kemenangannya yang kelima musim ini. Ia pun menjadi rider Yamaha dengan koleksi podium dan kemenangan terbanyak dalam satu musim sejak Jorge Lorenzo pada 2016 (10 podium dan 4 kemenangan).

3) Alex Rins sukses meraih podium pertamanya musim ini dengan finis kedua. Ini adalah podium perdananya sejak finis kedua di MotoGP Eropa 2020, di mana ia finis di belakang sang tandem, Joan Mir.

2 dari 3 halaman

Catatan Unik dari MotoGP Inggris

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) AP Photo

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) AP Photo

4) Usai finis ketiga, Aleix Espargaro sukses meraih podium perdananya di MotoGP sejak Seri Aragon 2014 di mana ia finis kedua di atas motor Open dengan Forward Yamaha. Ini adalah podium keduanya selama berkarier di kelas para raja.

5) Hasil Espargaro juga sekaligus menandai podium perdana Aprilia di era modern MotoGP (bergulir sejak 2002). Ini juga podium perdana Aprilia di kelas para raja sejak GP500 Inggris 2000 di Donington Park lewat Jeremy McWilliams, yang kala itu juga finis ketiga.

6) Lewat Quartararo (Yamaha), Rins (Suzuki), Aleix Espargaro (Aprilia), Jack Miller (Ducati), Pol Espargaro (Honda), dan Brad Binder (KTM), ini pertama kalinya enam pabrikan berbeda finis di posisi enam besar kelas para raja sejak GP500 Yugoslavia 1972 (MV Agusta, Yamaha, Koenig, Suzuki, Husqvarna, dan Kawasaki). Tentunya, ini juga pertama kalinya terjadi dalam sejarah MotoGP.

3 dari 3 halaman

Catatan Unik dari MotoGP Inggris

7) Usai bertabrakan dengan Jorge Martin di lap pertama, Marc Marquez terhitung sudah empat kali gagal finis musim ini. Ini adalah jumlah gagal finis terbanyaknya sejak MotoGP 2015 (6). Ini juga keempat kalinya ia gagal meraih poin dalam satu musim, di mana ia terakhir kali melakukannya pada 2018, yakni saat ia dua kali gagal masuk 15 besar dan dua kali gagal finis.

8) Romano Fenati (Sterilgarda Max Racing Team) menyapu bersih seluruh sesi di Moto3 Inggris dengan menjadi yang tercepat. Ia juga sukses meraih podiumnya yang ke-29 sekaligus kemenangannya yang ke-13 di Moto3, menjadi rider Moto3 tersukses sepanjang masa meski belum pernah mengecap gelar dunia.

9) Dengan finisnya Fenati sebagai pemenang, diikuti Niccolo Antonelli (Avintia Esponsorama) di posisi kedua dan Dennis Foggia (Leopard Racing) di posisi ketiga, ini pertama kalinya Italia menyapu bersih podium Moto3 sejak Seri Thailand 2018 (Fabio di Giannantionio, Lorenzo dalla Porta, dan Foggia).

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR