BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Ogah ke WorldSBK, Dovizioso Pilih Motocross Jika Pensiun dari MotoGP

30-03-2020 10:45 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, hingga kini belum mengantongi kontrak untuk MotoGP 2021. Meski belum punya rencana nyata untuk pensiun, rider berusia 34 tahun ini mengaku sudah punya bayangan apa yang akan ia lakukan setelah gantung helm nanti. Hal ini ia nyatakan via Sky Sport.

Dovizioso yang merupakan runner up MotoGP selama tiga tahun terakhir, saat ini sedang terkatung-katung karena timnya secara blak-blakan mengaku tengah mengincar rider-rider muda. Meski berstatus rider utama Ducati saat ini, anehnya ia belum punya kontrak apa pun untuk 2021.

Jika terpaksa hengkang dari MotoGP, rider Italia ini tak punya rencana turun di WorldSBK seperti kebanyakan pebalap lain. Ia mengakui bahwa kejuaraan tersebut cukup kompetitif, namun fakta bahwa motor yang digunakan bukanlah motor prototipe membuatnya keberatan.

1 dari 3 halaman

Terbiasa Pakai Motor Grand Prix

"Saya tak punya rencana konkret untuk masa depan. Semua tergantung banyak faktor. WorldSBK tak ada di agenda saya. Saya tak tahu seberapa lama saya bakal balapan di MotoGP, toh saya belum punya kontrak untuk tahun depan. Tapi saya tumbuh dewasa di Grand Prix, terbiasa balapan dengan motor prototipe," ujarnya seperti yang dikutip GPOne.

Dovizioso pun mengaku lebih tertarik untuk berkecimpung di dunia motocross, mengingat motocross adalah 'cinta pertamanya' sebelum banting setir ke ajang road race. Meski begitu, dengan usianya yang sekarang, Dovizioso sadar dirinya takkan bisa jadi pebalap, maka ia ingin berinvestasi dalam sebuah tim.

"WorldSBK kejuaraan yang hebat, tapi berbeda. Jika Anda dalam situasi yang baik di MotoGP, Anda bertaruh untuk gelar dunia. Jadi bakal sulit menuju arah itu (WorldSBK). Saya sendiri punya banyak proyek di kepala saya, tapi saya lebih cenderung menuju motocross karena saya tak bisa balapan di disiplin itu sekarang," ungkapnya.

2 dari 3 halaman

Juga Ingin Turun di Ajang Balap Mobil

Di lain sisi, Dovizioso juga ingin turun di ajang balap mobil, entah itu DTM, ajang balap ketahanan mobil, atau reli. Ia diketahui pernah menjadi peserta di Monza Rally Show beberapa tahun lalu, dan tahun lalu turun di DTM dalam salah satu serinya.

"Saya juga ingin punya pengalaman dengan roda empat. Ada mobil-mobil yang bisa memacu adrenalin mirip seperti di dunia balap motor, seperti reli atau cross reli. Tahun lalu, saya balapan DTM di Misano. Meski berat, saya bersenang-senang," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Dikalahkan Sang Adik di MotoGP Virtual Race

KOMENTAR