BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Nggak Kaleng-Kaleng: Aleix Espargaro Sebut MotoGP Qatar Bukti Aprilia Bukan Lelucon

30-03-2021 10:22 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Bola.net - Pembalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro, mengaku sangat puas atas performa motor RS-GP meski hanya finis ketujuh di MotoGP Qatar yang digelar di Sirkuit Losail, Minggu (28/3/2021). Espargaro pun menyatakan bahwa hasil ini adalah bukti bahwa hasil masa pramusimnya bukanlah hasil kaleng-kaleng.

Jika diingat, Aprilia sempat menebar ancaman pada masa pramusim 2020, ketika Espargaro mencatat lap cepat. Nyatanya, sepanjang musim ia tetap sulit kompetitif. Pada uji coba pramusim 2021, Espargaro kembali tampil garang, sempat mencatat waktu tercepat pada hari pertama dan meneruskan tren positif pada hari-hari berikutnya.

Ada kekhawatiran hal yang sama terjadi dalam balapan, namun Espargaro nyatanya justru mengawali 2021 dengan baik. Start kedelapan, Espargaro mampu bertahan di posisi 10 besar dan mencoba menghemat ban. Pada pertengahan balap, ia pun mampu menyalip banyak rider, seperti Valentino Rossi, Jorge Martin, dan Jack Miller.

1 dari 3 halaman

Akui Masih Harus Pelajari Banyak Hal

"Saya senang. Ini balapan yang solid. Kami menunjukkan performa kami dalam masa pramusim bukanlah lelucon, membuktikan performa kami lebih baik dari sebelumnya dan mampu bertarung dengan para rider top. Sayangnya, kami masih belajar banyak hal, terutama pada awal balapan ketika tangki masih penuh," ujarnya via Crash.net.

"Pada pertengahan balapan, saya bisa menyalip beberapa rider. Kami sempat mendekati kelompok terdepan, namun ban depan saya sudah aus. Tapi saya tersenyum sangat lebar, karena kami berada di kelompok terdepan sampai dua lap terakhir ketika saya kehilangan banyak waktu karena menyalip Jack," lanjut rider Spanyol ini.

Espargaro tak memungkiri masih ada banyak hal yang harus diperbaiki Aprilia, salah satunya kecepatan puncak alias top speed. Namun, kakak Pol Espargaro ini memuji performa RS-GP yang sudah cukup apik di tikungan. Di luar konsumsi ban yang cepat aus seperti yang dialami banyak pembalap lain, Espargaro tak mengalami masalah berarti.

2 dari 3 halaman

Secara Umum Tak Ada Masalah Besar

"Secara umum, saya merasa oke. Saya bisa merasakan motor kami punya potensi baik pada pengereman dan juga akselerasi berkat downforce. Sayangnya, pada gigi 5-6 saya mengalami kesulitan tak terduga, karena saya tahu ketika sendirian saya kehilangan kecepatan," ungkap juara dunia CRT di MotoGP 2012 dan 2013 ini.

"Saya pikir bisa lebih dekat dari motor terdepan, tapi saya kehilangan banyak waktu di trek lurus. Ini hal yang harus kami perbaiki, namun secara umum motor kami kompetitif dan saya menjalani balapan tanpa masalah besar. Semua rider kesulitan hari ini, namun kami baik-baik saja. Jadi, ini awal yang baik. Balapan berikutnya kami bisa lebih siap," tutupnya.

Espargaro dan para pembalap lainnya akan kembali turun lintasan dalam MotoGP Doha yang juga digelar di Sirkuit Losail, Qatar, pada 2-4 April mendatang.

Sumber: Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Maverick Vinales Sukses Menangi MotoGP Qatar 2021

KOMENTAR