BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Nasib Rio Haryanto di Formula 1 2017 Kian Tak Jelas

05-01-2017 12:00 | Anindhya Danartikanya

Rio Haryanto (c) AFP Rio Haryanto (c) AFP

Bola.net - Nasib pembalap muda Indonesia, Rio Haryanto di Formula 1 kian terancam setelah Pertamina menyatakan takkan lagi memberikan kontribusi dalam keikutsertaan Rio di kejuaraan balap mobil terakbar di dunia tersebut, demikian yang dilansir oleh Reuters baru-baru ini.

Rio menjalani debut F1 tahun lalu bersama Manor Racing, turun dalam 12 balapan pertama dengan dukungan dana dari Pertamina dan pemerintah, yakni sebelum Rio digantikan oleh Esteban Ocon dan didapuk sebagai pebalap cadangan tim asal Inggris tersebut.

"Tahun ini tak akan ada kelanjutan partisipasi dari Pertamina di F1. Tentu kami sangat menyesalkan hal ini, namun kami sudah melakukan usaha maksimal bagi Rio dan Indonesia," ujar juru bicara Pertamina, Wianda Pusponegoro pada Selasa (3/1).

Rio Haryanto (c) AFPRio Haryanto (c) AFP

Rio merupakan pembalap Indonesia pertama yang pernah turun di F1 dan satu-satunya pembalap asal Asia tahun lalu. Sang manajer, Piers Hunnisett pun mengaku masih berupaya menyelamatkan nasib Rio. "Jelas kami ingin pindah ke tim seperti Sauber. Itu adalah rencana kami, namun situasi berjalan sedikit lebih lambat," tuturnya.

Selain Sauber, Manor Racing juga masih tengah mencari dua pebalap untuk 2017. "Kami masih mengerjakan rencana mempertahankan Rio di F1. Orang-orang di dunia F1 merasa ia telah bekerja dengan baik dan layak berkompetisi di sana. Akan sangat disayangkan bila Rio tak mendapatkan kursi tahun ini," tutup Hunnisett.

KOMENTAR