Nasib Pol Espargaro Tak Jelas Usai Tugas Marc Marquez Diserahkan ke Taka Nakagami

Anindhya Danartikanya | 3 Juni 2022, 11:28
Nasib Pol Espargaro Tak Jelas Usai Tugas Marc Marquez Diserahkan ke Taka Nakagami
Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Bola.net - Pol Espargaro memberi kode bahwa masa depannya di Repsol Honda makin tak menemukan kejelasan. Hal ini ia katakan kepada awak media jelang MotoGP Catalunya, Spanyol, Kamis (2/6/2022), usai tugas Marc Marquez mengembangkan RC213V kini diambil alih oleh rider LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami.

Marquez harus absen mulai Seri Catalunya dan tak diketahui kapan akan kembali berlaga, karena harus menjalani operasi keempat pada lengan atas (humerus) kanannya di Minnesota, Amerika Serikat, pekan ini. Di atas kertas, sebagai rider Repsol Honda, Espargaro lah yang seharusnya mengambil alih tugas Marquez.

Tapi Honda Racing Corporation (HRC) justru menyerahkan tugas Marquez kepada Nakagami, yang sudah membela LCR Honda sejak 2018 namun juga digosipkan bakal digantikan Ai Ogura pada 2023. Kepada Crash.net, Espargaro menyatakan ini adalah bukti bahwa ia takkan jadi 'pemimpin' Honda selama Marquez absen.

1 dari 2 halaman

Ingin Ikut Perbaiki Performa Motor

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

"Motor Marc akan diserahkan ke Taka akhir pekan ini. Jadi, target saya adalah lanjut bekerja dengan motor saya sendiri sejak Qatar dan mencoba melaju secepat mungkin. Jadi, soal pengembangan motor, saya takkan jadi orang yang mengendalikannya akhir pekan ini. Soal tes pada Senin, saya tak tahu," ungkap Espargaro.

Lewat The Race, Polyccio mengaku kecewa karena tak mendapatkan kepercayaan menjajal sasis baru Honda, yang sudah dicoba terlebih dahulu oleh Marquez di Mugello, Italia, akhir pekan lalu. Padahal, juara dunia Moto2 2013 ini sangat yakin bahwa masukan dan penilaiannya soal sasis itu juga bakal membantu Honda.

"100% saya ingin coba sasis baru. Saya ingin memperbaiki situasi, dan satu-satunya cara adalah menjajal perangkat baru. Dengan motor yang baik, hasil baik juga akan datang. Jika tak menjajal apa pun, Anda tak bisa lebih baik. Tapi saya akan tetap tampil ngotot seperti biasa, kita lihat nanti apakah ada perubahan," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Minta Motor Marc Marquez, Tapi Ditolak

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Pembalap Repsol Honda, Pol Espargaro (c) Honda Racing Corporation

Espargaro menyatakan dirinya sudah mengajukan diri kepada HRC untuk meneruskan kinerja Marquez, namun ditolak. Meski begitu, ia tak mau mempermasalahkannya. "Saya meminta motor Marc, namun tak mendapatkannya. Apa alasannya, itu bukan urusan saya," ungkap rider asal Spanyol berusia 31 tahun ini.

"Saya sudah meminta hal-hal terbaik, perangkat-perangkat baru, demi evolusi motor. Namun, saya bukan orang yang menentukan apakah saya akan mendapatkannya atau tidak. Saya adalah orang yang dibayar untuk mengendarai motor ini secepat mungkin dan itulah yang akan saya lakukan," pungkas Espargaro.

Saat ini, Espargaro diketahui tengah melakukan negosiasi dengan KTM untuk kembali, dan hal ini diakui sendiri oleh Direktur KTM Motorsport, Pit Beirer. Meski begitu, menjelang balapan di Catalunya, adik Aleix Espargaro ini juga mendadak dikabarkan punya kans untuk membela LCR Honda.

Sumber: Crashnet, The Race

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR