Nasib di MotoGP Tak Tentu, Taka Nakagami Tertekan Sejak Awal Musim

Anindhya Danartikanya | 27 April 2022, 09:38
Takaaki Nakagami dan Giacomo Guidotti (c) LCR Honda
Takaaki Nakagami dan Giacomo Guidotti (c) LCR Honda

Bola.net - Takaaki Nakagami mengaku sadar betul bahwa nasibnya di MotoGP 2023 bakal sangat ditentukan oleh performanya musim ini. Sejak awal musim, ia pun tertekan untuk meraih hasil baik. Sayangnya, ia belum juga menunjukkan tajinya dalam lima seri perdana. Hal ini ia katakan lewat The Race pada Selasa (26/4/2022).


Nakagami yang sangat kompetitif di Moto2, naik ke MotoGP 2018 dan selalu membela LCR Honda Idemitsu. Sayangnya, kecuali lima debutan 2022, Nakagami menjadi rider selain Luca Marini yang sama sekali belum pernah naik podium di kelas para raja. Padahal, ia kerap menunjukkan performa menjanjikan di sesi latihan.

Sejak akhir musim lalu, Nakagami bahkan sudah diisukan bakal digantikan oleh rider sesama Jepang yang saat ini masih turun di Moto2 bareng Idemitsu Honda Asia, Ai Ogura. Nakagami, yang kini berusia 30 tahun, mengakui bahwa dirinya cukup tertekan menghadapi situasi ini, dan bertekad bangkit dalam seri-seri mendatang.

1 dari 2 halaman

Terancam Ai Ogura dan Somkiat Chantra

Somkiat Chantra dan Ai Ogura (c) Honda Team Asia

"Jujur saja, sejak Qatar saya tertekan. Namun, beberapa balapan terakhir saya tak menyajikan performa terbaik, hanya sekali masuk 10 besar, yakni di Qatar. Saya tak mencari hasil buruk, dan mulai sekarang balapan-balapan yang akan datang sangat penting bagi saya untuk kembali mendapatkan kepercayaan diri," ungkapnya.

"Saya harus menunjukkan kepada tim saya, HRC, dan Honda bahwa saya punya potensi dan kecepatan. Mungkin ada tekanan ekstra, namun pada saat yang sama saya mencari kepercayaan diri untuk kembali ke depan, dan balapan-balapan ini bakal sangat penting bagi masa depan saya," lanjut rider yang akrab disapa 'Taka' ini.

Manajer Tim LCR Honda, Lucio Cecchinello, juga tak memungkiri bahwa tempat Nakagami bisa saja diambil alih oleh Ogura, atau bahkan Somkiat Chantra yang berasal dari Thailand. Pasalnya, Idemitsu merupakan sponsor Honda di kelas-kelas dan ajang-ajang junior, sehingga tempat Nakagami memang diperuntukkan rider muda Asia.

2 dari 2 halaman

Wajib Tampil Baik Sampai Akhir Juni

Pembalap LCR Honda Idemitsu, Takaaki Nakagami (c) LCR Honda

"Semua rider LCR dipilih bersama konsultasi dengan Honda. Kenyataannya, program ini atas alasan tertentu menjadi tempat khusus untuk program para rider Asia, yakni Asia Talent Cup, Moto3, dan Moto2. Sudah jelas Honda dan sponsor, yakni Idemitsu yang jadi sponsor Honda, punya suara dalam memilih," tutur Cecchinello.

Pria Italia ini juga mengakui timnya dan Honda sangat mengharapkan hasil mentereng dari Nakagami, apalagi musim ini adalah musim kelimanya membela LCR. Cecchinello menyebut bahwa Nakagami diwajibkan tampil baik mulai MotoGP Spanyol di Jerez akhir pekan nanti sampai akhir Juni, ketika keputusan final akan diambil.

"Kami harus sangat hati-hati sebelum bilang Taka terdepak, karena ia rider yang sangat cepat. Sebagai tim, kami harus lebih banyak membantunya mengendalikan balapan lebih baik. Pasalnya, ia selalu cepat dalam sesi latihan, sangat cepat dalam sesi pemanasan. Sayangnya, selalu ada yang hilang dalam balapan," tutupnya.

Sumber: The Race

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR