BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Napas Joan Mir Masih Terganggu Sejak Kecelakaan di Brno

20-12-2019 10:25 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki

Bola.net - Pebalap Suzuki Ecstar, Joan Mir, mengaku bahwa pernapasannya masih terganggu akibat kecelakaan hebat yang ia alami dalam uji coba pascabalap MotoGP Ceko di Sirkuit Brno pada awal Agustus lalu. Hal ini ia sampaikan kepada Motorsport.com pada Kamis (19/12/2019).

Mir mengalami kecelakaan dalam kecepatan 300 km/jam di trek lurus Sirkuit Brno, dan menabrak dinding pembatas tikungan pertama. Ia pun mengalami memar paru-paru yang cukup parah hingga harus absen dari pekan balap Austria dan Inggris.

Ia kembali di Misano dan terus bertarung di 10 besar pada sisa musim, kecuali di Aragon, di mana ia finis ke-14 usai bersenggolan dengan rider lain pada lap pertama. Pada akhir musim, ia jadi debutan terbaik kedua setelah Fabio Quartararo, duduk di peringkat 12 pada klasemen pebalap.

1 dari 2 halaman

Menderita di Thailand dan Malaysia

View this post on Instagram

Rider OK!! Gracias a todos por los mensajes!! Thanks to all of you for the messages!! @suzukimotogp

A post shared by MIR36 (@joanmir36official) on

Meski begitu, pebalap berusia 21 tahun ini menyatakan bahwa dirinya masih kesulitan bernapas lebih dari kondisi normal di pekan balap Thailand dan Malaysia. Ternyata, para dokter mengatakan padanya bahwa cederanya ini memang butuh waktu enam bulan untuk pulih total.

"Saya kesulitan bernapas dalam balapan, tapi tidak di Valencia. Saya sangat kesulitan di Malaysia dan Thailand karena dengan suhu dan kelembapan yang sangat tinggi, saya tak bisa bernapas lebih dari normal. Tapi Valencia, Australia, dan Jepang tak terlalu bermasalah," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Maksimalkan Rehat Musim Dingin

Kini, mengingat MotoGP tengah menjalani liburan musim dingin, Mir punya lebih banyak waktu untuk menjalani pemulihan secara optimal, sebelum turun lintasan dalam uji coba pramusim di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 7-9 Februari 2020, yang dipastikan juga bakal panas dan lembap.

"Kini saatnya menjalani pemulihan. Para dokter bilang cedera ini mungkin butuh enam bulan untuk sembuh. Saya butuh waktu lebih untuk bersiap 100%, karena sejak Misano, kami tak pernah rehat. Jadi masa rehat kali ini bakal bagus bagi saya," pungkasnya juara dunia Moto3 2017 ini.

KOMENTAR