Nama Valentino Rossi Bakal Diabadikan Sebagai Nama Trofi di MotoGP

Anindhya Danartikanya | 30 Desember 2021, 11:10
Valentino Rossi saat diresmikan sebagai MotoGP Legend di FIM MotoGP Awards 2021. (c) MotoGP.com
Valentino Rossi saat diresmikan sebagai MotoGP Legend di FIM MotoGP Awards 2021. (c) MotoGP.com

Bola.net - Dorna Sports selaku promotor MotoGP berencana memberikan tribut tambahan untuk sang sembilan kali juara dunia, Valentino Rossi. Pada Rabu (29/12/2021), Corsedimoto melaporkan bahwa nama The Doctor akan diabadikan sebagai nama trofi salah satu penghargaan yang tersedia di MotoGP.

Seperti yang diketahui, Rossi pensiun dalam usia 42 tahun pada November lalu di Valencia. Keputusannya gantung helm pun membuat para penggemar balap di seluruh dunia bersedih hati, karena berarti mereka takkan lagi menyaksikan aksi pembalap yang dinilai sebagai yang terbaik dalam sejarah itu di lintasan mulai 2022.

Rossi begitu dicintai banyak orang bukan hanya karena mengoleksi 9 gelar dunia, 235 podium, dan 115 kemenangan, melainkan juga karena karismanya. Karakternya yang humoris, ramah, dan easy going pun mengubah MotoGP menjadi kejuaraan olahraga yang global, punya jaringan fans di seluruh penjuru bumi.

1 dari 2 halaman

Tolak Namanya Diabadikan Jadi Nama Tikungan

Valentino Rossi usai finis dalam MotoGP Valencia 2021. (c) Petronas SRT

Valentino Rossi usai finis dalam MotoGP Valencia 2021. (c) Petronas SRT

Dengan prestasi mentereng dan perannya yang penting dalam mengembangkan balap motor ini, Rossi pun dianugerahi gelar MotoGP Legend dalam gelaran FIM MotoGP Awards 2021 di Valencia, tepat pada malam hari setelah ia menjalani balapan terakhirnya sebagai pembalap motor.

Namun, Dorna Sports bertekad memberikan tribut satu lagi untuk mengenang prestasi dan jasa-jasanya, yakni dengan mengabadikan namanya sebagai nama trofi. Seperti yang diketahui, Rossi sangat vokal menolak namanya diabadikan sebagai nama tikungan, serta menolak nomor balapnya, #46, dipensiunkan.

Dorna Sports belum menentukan trofi mana yang akan diberi nama 'Valentino Rossi Trophy'. Namun, yang jelas akan diberikan kepada salah satu penghargaan di kelas tertinggi. Rumor yang beredar menyatakan bahwa trofi itu akan diberikan kepada rider MotoGP yang mengoleksi lap tercepat terbanyak dalam satu musim.

2 dari 2 halaman

Marco Simoncelli Juga Jadi Nama Trofi

Mendiang pembalap MotoGP, Marco Simoncelli (c) MotoGP.com

Mendiang pembalap MotoGP, Marco Simoncelli (c) MotoGP.com

Gosip lain menyatakan bahwa ada opsi pula untuk menyerahkan 'Valentino Rossi Trophy' kepada pembalap yang melakukan aksi salip terbanyak dalam semusim, mengingat Rossi merupakan salah satu rider MotoGP yang dikenal lihai dalam menyalip rival di lintasan.

Meski begitu, Dorna Sports masih punya waktu setahun untuk memikirkan hal ini masak-masak, sebelum acara FIM MotoGP Awards 2022 digelar pada akhir musim, yakni di Valencia pada November tahun depan.

Nama pembalap MotoGP yang sudah diabadikan sebagai nama trofi adalah Marco Simoncelli, yang tewas dalam kecelakaan di MotoGP Malaysia 2011. 'Marco Simoncelli Trophy' diberikan kepada debutan terbaik kelas MotoGP mulai 2012.

Sumber: Corsedimoto

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR