BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'Mulai MotoGP 2020 di Finlandia? Sirkuitnya Saja Belum Disetujui'

06-04-2020 14:45 | Anindhya Danartikanya

Perencanaan layout KymiRing (c) MotoGP Perencanaan layout KymiRing (c) MotoGP

Bola.net - Safety Officer FIM untuk MotoGP, Franco Uncini, menanggapi pendapat beberapa pimpinan tim yang meyakini bahwa MotoGP baru bisa dimulai pada bulan Juli, tepatnya pada tanggal 12, di trek yang baru dibangun dua tahun belakangan di Finlandia, Sirkuit KymiRing.

Saat ini, terhitung sudah satu seri MotoGP yang dibatalkan akibat pandemi virus corona (Covid-19), yakni Seri Qatar. Sementara itu, lima seri lainnya, yakni Thailand, Austin, Argentina, Jerez, dan Prancis juga ditunda. Menggelar balapan di Mugello, Italia, 29-31 Mei juga sulit dilakukan.

Tak hanya itu, belakangan tersiar rumor Sirkuit Barcelona-Catalunya, Spanyol, juga tengah menggodok penundaan MotoGP pada 5-7 Juni. Belum ada kabar soal Seri Jerman dan Belanda, namun jika kedua seri ini juga ditunda, seisi paddock berharap bisa mulai di KymiRing pada 10-12 Juli.

1 dari 3 halaman

KymiRing Belum Lewati Tahap Homologasi

Meski begitu, Uncini menyatakan balapan di KymiRing hanya bisa dilakukan jika sirkuit itu telah mendapatkan status layak sebagai sirkuit berstandar Grade A versi FIM. Sudah jadi tugas Uncini untuk melakukannya, namun ia sendiri juga tengah terjebak di rumahnya yang ada di Italia akibat adanya karantina wilayah.

"KymiRing belum punya homologasi Grand Prix. Kapan saya bisa melakukannya belumlah pasti. Saya hanya bisa bilang bahwa saya akan melakukannya ketika saya bisa bepergian lagi. Sebelum itu bisa dilakukan, saya ada di rumah saya yang berada di Recanati," ujarnya via Speedweek.

2 dari 3 halaman

Bagaimana Soal Estoril dan Portimao?

Jika tak bisa menggelar balapan di KymiRing, MotoGP sejatinya bisa menggelar balapan di dua sirkuit yang ada di Portugal, baik Estoril, yang terakhir menggelar balapan pada 2012, maupun Portimao yang setahun lalu telah dijadikan salah satu trek cadangan di MotoGP.

Meski begitu, Uncini menyatakan bahwa kedua sirkuit ini tetap harus melewati proses homologasi sebelum dijadikan tempat balapan MotoGP, dan menurutnya, melakukan proses homologasi sirkuit berstandar Grade A tak bisa dilakukan dalam sekejap mata.

"Homologasi sebuah trek dengan standar Grade A tidaklah mudah. Saya hanya berharap orang yang yakin MotoGP tak bisa dimulai sampai Agustus memang benar. Tapi Anda tak bisa mengesampingkan kemungkinan apa pun. Saya masih berharap kami bisa mulai pada Juni," pungkasnya.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Dikalahkan Sang Adik di MotoGP Virtual Race

KOMENTAR

Generasi Penerus Bundesliga: Erling Braut Haaland