Mulai Latihan, Rabat Tetap Tak Turun di MotoGP Valencia

Anindhya Danartikanya | 9 November 2018, 09:20
Tito Rabat (c) Avintia
Tito Rabat (c) Avintia

Bola.net - - Pebalap Reale Avintia Racing sekaligus juara dunia Moto2 2014, Tito Rabat akhirnya mengumumkan bahwa dirinya mulai berlatih mengendarai motor di lintasan sirkuit, namun menegaskan takkan turun dalam pekan balap MotoGP Valencia, Spanyol pada 16-18 November nanti.

Rabat mengalami cedera parah pada kaki kanannya usai terjatuh dan tertabrak motor Honda RC213V milik Franco Morbidelli di sesi latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Inggris di Silverstone pada Agustus lalu. Ia mengalami patah tulang fibula, tibia dan femur, serta dislokasi lutut.

Akibat cedera ini, Rabat pun absen dalam beberapa balapan, digantikan oleh rider CEV asal Prancis, Christophe Ponsson di Misano, San Marino dan rider WorldSBK, Jordi Torres di Aragon, Thailand, Jepang, Australia dan Malaysia.

1 dari 2 halaman

Mulai Latihan dengan Panigale

Tito Rabat (c) Avintia

Tito Rabat (c) Avintia

Setelah 73 hari tak berkendara, Rabat akhirnya mulai berlatih dengan mengendarai motor Ducati Panigale V4 untuk memahami kekuatan fisik, terutama kakinya. Meski merasa nyaman berkendara, bersama Dr. Angel Charte, Rabat memutuskan untuk kembali absen dalam pekan balap di Valencia nanti.

Rabat diperkirakan akan tetap digantikan oleh Torres, yang ironisnya mengalami kecelakaan hebat di sesi FP4 MotoGP Malaysia dan dirundung cedera patah tulang metakarpal ibu jari tangan kiri. Meski begitu, Rabat dipastikan akan turun dalam uji coba pascamusim di Valencia pada 20-21 November, mengendarai Desmosedici GP18.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Resmi Tito Rabat

"Saya telah bekerja keras lebih dari dua bulan sejak saya cedera, kaki saya telah membaik setiap hari dan saya bisa menjalani uji coba dengan Panigale saya di beberapa sirkuit. Saya lihat kaki saya tak bermasalah di atas motor, tapi saya juga lihat bahwa saya belum 100%.
"Dengan begitu, bakal sangat berbahaya bagi saya dan rider lain bila saya kembali balapan di Valencia pekan depan. Kami yakin ini keputusan terbaik. Tapi jelas saya akan mencoba ikut uji coba pada Selasa (20/11) dengan Ducati GP18 baru saya. Kami akan lihat apa yang akan saya rasakan, dan kemudian meneruskan pemulihan kaki saya demi bugar untuk musim depan. Inilah hal terpenting."

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR