BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mulai 2022, Sirkuit MotoGP-Formula 1 Wajib Pakai Panel Lampu demi Keselamatan

27-11-2020 10:57 | Anindhya Danartikanya

MotoGP Jerez, Andalusia 2020 (c) Yamaha MotoGP Jerez, Andalusia 2020 (c) Yamaha

Bola.net - Demi memantapkan tingkat keselamatan sirkuit, panel lampu berteknologi tinggi akan wajib dipakai semua sirkuit yang masuk dalam kalender MotoGP dan Formula 1 mulai 2022. Ini adalah buah kerja sama antara Federasi Balap Motor Internasional (FIM) dan Federasi Balap Mobil Internasional (FIA).

Pada Kamis (26/11/2020), MotoGP.com mengumumkan bahwa panel lampu ini akan wajib digunakan baik MotoGP maupun F1 mulai 2022. WorldSBK, serta Kejuaraan Ketahanan Balap Mobil (FIA WEC) dan Kejuaraan Ketahanan Balap Motor (FIM EWC) akan menyusul pada 2023 mendatang.

F1 sudah memakai panel lampu ini dalam beberapa musim terakhir. Tapi mengingat panel lampu ini merupakan milik sang promotor kejuaraan, maka perangkat ini dicopot setelah gelaran F1 berakhir, yang berarti gelaran balap lain di sirkuit terkait tak bisa memakai panel lampu yang sama.

Namun, kerja sama antara FIA dan FIM ini akan mengubah segalanya.

1 dari 3 halaman

Ada 3 Jenis Spek Panel Lampu

Pada 2022, semua sirkuit FIM yang masuk dalam kalender MotoGP, WorldSBK, dan EWC harus melakukan instalasi spek panel lampu T1 dan T2 yang sudah dihomologasi. Hal yang sama harus dilakukan sirkuit-sirkuit FIA Grade 1 atau 2. Sirkuit FIA Grade 3 pun harus memasang spek T3 mulai 2024.

Semua spek panel lampu ini sedang diuji coba secara intensif oleh laboratorium Federal Institute of Metrology di Swiss, untuk menguji fungsinya dalam segala kondisi cuaca, termasuk saat hujan lebat atau sangat cerah.

EM Motorsport saat ini merupakan satu-satunya pabrikan panel lampu yang telah lolos uji FIA untuk spek T1 dan T2. Beberapa pabrikan lain sedang menjalani proses homologasi untuk produk serupa. Di lain sisi, Pixelcom telah lolos uji FIA untuk spek T2, dan mereka juga satu-satunya pabrikan yang memproduksi spek T3 untuk FIA.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Resmi FIA dan FIM

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Berikut pernyataan FIA dan FIM mengenai kerja sama mereka soal instalasi panel lampu demi meningkatkan keselamatan sirkuit bertaraf internasional.

Head of Circuit and Rally Safety FIA, Stuart Robertson:

"Ini merupakan langkah penting selanjutnya dalam kolaborasi antara FIA dan FIM soal tingkat keselamatan sirkuit. Langkah ini akan memastikan bahwa setiap kejuaraan yang menggelar balapan di trek-trek berlevel tinggi bisa mendapatkan akses pada inovasi-inovasi terbaru dalam keselamatan."

Franck Vayssie, Circuit Racing Commission Director FIM:

"FIM dan FIA memiliki ikatan kuat soal tingkat keselamatan dan langkah ini memperkuat kooperasi kami. Membuat panel lampu ini bersifat wajib di sirkuit-sirkuit FIM untuk MotoGP, Superbike, dan Endurance World Championships akan membantu kami memastikan adanya tingkat keselamatan tertinggi bagi semua kejuaraan yang menggelar balapan di trek-trek berlevel top."

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Miguel Oliveira Menangi MotoGP Portugal 2020

KOMENTAR