BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Muak, Jack Miller Akui 3 Kali Ditabrak Joan Mir Sebelum Senggolan di Trek Lurus Doha

05-04-2021 12:57 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse

Bola.net - Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller, menanggapi senggolan kontroversialnya dengan Joan Mir di MotoGP Doha, Minggu (4/4/2021), dengan pengakuan bahwa dirinya muak ditabrak tiga kali oleh sang juara dunia bertahan. Hal ini ia sampaikan kepada Marca usai balap.

Sejak 2019, Miller memang berkali-kali mengalami insiden dengan Suzuki Ecstar dalam sesi balap, biasanya ia bersenggolan dengan Alex Rins. Rider berusia 26 tahun ini berdalih bahwa Suzuki memang merupakan motor yang lincah di tikungan ketimbang Ducati, namun kerap keberatan soal tindakan agresif Rins.

Kini, uniknya Miller berhadapan dengan Mir. Dari tayangan di televisi, kedua rider ini terlihat berebut posisi kelima pada Lap 13. Mir pun melihat kesempatan menyalip di Tikungan 10, dan keduanya pun bersenggolan. Mir sempat mengangkat kaki kanan untuk minta maaf, namun yang terjadi berikutnya sungguh di luar dugaan.

1 dari 3 halaman

Jack Miller Sebut Joan Mir Keterlaluan

Saat keluar dari Tikungan 16, Mir melakukan kesalahan dan melebar. Saat hendak kembali ke garis balap yang benar di trek lurus, ia mengaku melihat Miller dan mencoba keluar garis balap demi memberi ruang Miller untuk melaju. Nyatanya, keduanya bertabrakan di tepi trek dan berdebat sembari melaju dalam kecepatan tinggi.

Insiden ini segera diinvestigasi oleh FIM Stewards Panel. Namun, hanya dinilai sebagai insiden balap biasa. Keputusan ini pun membuat banyak pihak marah, termasuk Mir dan Suzuki Ecstar. Miller pun menyebutnya sebagai insiden balap biasa, karena menurut keterangannya, Mir sendiri juga sempat menabraknya dari belakang tiga kali.

"Dia menabrak saya tiga kali di tikungan, cukup agresif. Kemudian dia melebar, dan kembali ke trek untuk mencoba memotong jalur saya. Saya bisa paham bahwa Suzuki memang menikung dengan baik, namun tiga senggolan sudah kelewatan. Saya sudah muak atas kontak-kontak itu," tutur rider Australia ini.

2 dari 3 halaman

Joan Mir Tekad Ngobrol dengan Jack Miller

Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing Pembalap Suzuki Ecstar, Joan Mir (c) Suzuki Racing

Mir pun mendengar pernyataan Miller ini saat menjalani wawancara dengan Diario AS. Pembalap 23 tahun itu mengaku terkejut dan tak merasa menyenggol Miller tiga kali, meski mengakui manuvernya di Tikungan 10 cukup agresif. Mir, yang juga tinggal di Andorra seperti Miller, mengaku bertekad melakukan pembicaraan.

"Saya kecewa, tapi sudahlah. Ada kalanya keputusan yang kami ambil dalam situasi panas bisa melewati aturan. Saya ingin bicara dengan Jack dan melihat apa yang ia pikirkan. Ia kecewa karena ia bilang saya menyenggolnya tiga kali. Dia harus bilang kapan itu terjadi. Saya sudah lihat manuver saya di Tikungan 10, tapi pada dasarnya manuver itu bersih," tuturnya.

Dalam balapan ini Mir dan Miller pun masing-masing harus puas finis di posisi ketujuh dan kesembilan. Pada klasemen pembalap, Mir duduk di peringkat keenam dengan 22 poin, sementara Miller duduk di peringkat kesembilan dengan 14 poin.

Sumber: Marca, Diario AS

3 dari 3 halaman

Video: Serunya Balapan MotoGP Doha 2021, Fabio Quartararo Jadi Pemenang

KOMENTAR