MotoGP-WorldSBK Libur, Para Rider Ducati Bakal Balapan Sendiri di Misano

Anindhya Danartikanya | 21 Juli 2022, 10:38
Race of Champions World Ducati Week 2022. (c) Ducati
Race of Champions World Ducati Week 2022. (c) Ducati

Bola.net - Saat ini, MotoGP sedang menjalani rehat musim panas selama lima pekan, sementara akhir pekan nanti WorldSBK dan WorldSSP rehat sejenak sebelum kembali balapan di Autodrom Most, Ceko. Meski begitu, para pembalap Ducati Corse dari ketiga ajang akan menjalani balapan sendiri pada 22-24 Juli 2022.

Para pembalap Ducati dari MotoGP, WorldSBK, dan WorldSSP memang dijadwalkan hadir dalam gelaran akbar World Ducati Week (WDW) di Sirkuit Misano, Italia. Acara khusus Ducatisti alias pencinta Ducati ini biasanya digelar dua tahun sekali. Namun, gelaran pada 2020 ditiadakan akibat pandemi Covid-19 yang merajalela.

Ada banyak program menarik yang tersaji untuk diikuti dan ditonton oleh Ducatisti dari seluruh dunia. Seperti biasa, para pembalap Ducati di berbagai kejuaraan internasional juga akan hadir. Mereka akan hadir dalam sesi jumpa fans, ikut lap penghormatan dan parade, bahkan menjalani sesi balap bertajuk 'Race of Champions'.

Sebanyak 21 pembalap Ducati dipastikan mengikuti Race of Champions, termasuk Pecco Bagnaia, Jack Miller, Johann Zarco, Enea Bastianini, Jorge Martin, Luca Marini, Marco Bezzecchi, Fabio di Giannantonio, Michele Pirro, Alvaro Bautista, Michael Ruben Rinaldi, Axel Bassani, Nicolo Bulega, dan Oli Bayliss.

1 dari 2 halaman

Para Rider Italia Sudah Sering Latihan Pakai Panigale

Pembalap Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista (c) Ducati Corse

Pembalap Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista (c) Ducati Corse

Para pembalap ini nantinya berkompetisi pada Sabtu (23/7/2022). Para rider MotoGP dan WorldSBK akan naik motor superbike Panigale V4 S, sementara para rider WorldSSP akan mengendarai Panigale V2. Semua motor tentunya mendapatkan homologasi agar dipastikan tak melanggar regulasi tes masing-masing kejuaraan.

Pemimpin klasemen WorldSBK saat ini yang juga rider Aruba.it Racing Ducati, Alvaro Bautista, tak tahu siapa yang bakal difavoritkan. Kepada Crash.net, Rabu (20/7/2022), eks rider MotoGP ini mengaku ragu menang karena para rider yang tinggal di Italia kerap berlatih dengan Panigale dalam program Ducati Team Building.

"Saya tak tahu siapa yang bakal jadi favorit, namun saya tahu para rider Italia kerap menjalani tes dengan Panigale. Saya rasa banyak rider Italia menganggap ini balapan terpenting tahun ini. Selain itu, kami tak mempedulikan klasemen karena ini adalah balapan Ducati. Mereka semua bersiap menghadapi ini," ujarnya.

2 dari 2 halaman

Pecco Bagnaia Jadi Unggulan

Pembalap Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse

Pembalap Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia dan Jack Miller (c) Ducati Corse

Namun, Bautista ingin santai karena tangan kanannya cedera akibat terjatuh di Donington Park, Inggris, akhir pekan lalu. "Saya hanya akan datang bersenang-senang dan bertemu Ducatisti. Semoga saya bisa balapan, karena saya harus memeriksa tangan saya lebih dulu untuk melihat apakah cederanya serius," ungkapnya.

Tandem Bautista, Michael Ruben Rinaldi, merupakan salah satu rider yang juga sering latihan dengan Panigale. Ia yakin persaingan bakal ketat karena semua rider ingin membuktikan diri selagi berkesempatan naik motor dengan spek yang sama. Namun, ia menyebut Bagnaia dan Martin bakal menyajikan pertarungan yang seru.

"Saya tahu semua orang ingin membuktikan diri bahwa mereka lebih cepat daripada rider lain. Jadi, balapan nanti bakal keren. Pecco dengan motor itu sangatlah cepat, namun saya belum pernah lihat Jorge naik motor jalanan. Meski begitu, saya rasa Bagnaia akan menjadi favorit," tutup sahabat Andrea Dovizioso ini.

Sumber: Crashnet, Ducati

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR