MotoGP vs F1: Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Wujudkan Impian di Valencia

Anindhya Danartikanya | 12 Desember 2019, 08:35
MotoGP vs F1: Valentino Rossi dan Lewis Hamilton Wujudkan Impian di Valencia
Valentino Rossi dan Lewis Hamilton (c) Yamaha

Bola.net - Ikon MotoGP dan Formula 1, Valentino Rossi dan Lewis Hamilton, akhirnya mewujudkan impian mereka untuk bertukar kendaraan balap. Monster Energy menggelar event '#LH44VR46' ini di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, pada Senin (9/12/2019).

Rossi pun mengendarai mobil Mercedes W08 EQ Power+, mobil yang mengantarkan Hamilton merebut gelar dunia F1 pada 2017. Di lain sisi, Hamilton mengendarai motor YZR-M1 versi 2019 yang dikendarai Rossi terakhir kali di MotoGP Valencia pada 15-17 November lalu.

Bertukar kendaraan balap adalah kegiatan yang sejatinya sudah didambakan Rossi dan Hamilton sejak bertahun-tahun lalu. Meski begitu, usai berjumpa di MotoGP Qatar pada Maret lalu, keduanya mendorong tim masing-masing, sekaligus Monster Energy untuk mewujudkannya.

1 dari 2 halaman

Berkendara Bersama

Meski tak ada catatan waktu yang dirilis secara resmi, keduanya sangat menikmati gelaran tersebut. Rossi mengaku sempat gugup sebelum menjajal W08, meski pernah menjalani uji coba yang cukup serius dengan Scuderia Ferrari pada 2004-2006.

Dalam gelaran yang berlangsung selama delapan jam tersebut, Rossi mengendarai mobil W08 terlebih dahulu, dengan bimbingan Hamilton dan kru Mercedes AMG Petronas dari radio. Setelahnya, giliran Hamilton yang menjajal M1 milik Rossi.

Setelah berkendara sendirian, Rossi pun mengendarai motor M1 lainnya dan berkendara dengan Hamilton. Pada akhir sesi, Rossi pun kembali mengendarai W08 sementara Hamilton tetap mengendara M1, dan keduanya berkendara bersama-sama mengelilingi Sirkuit Ricardo Tormo.

2 dari 2 halaman

Pernyataan Rossi dan Hamilton

"Saya sangat gugup menjajal mobil ini, apalagi saya menjalani beberapa lap bersama Lewis yang mengendarai motor saya. Saya rasa kami menikmatinya. Beruntung cuacanya bersahabat," ungkap sembilan kali juara dunia ini kepada MotoGP.com.

"Sangat keren melihat seorang legenda mengendarai mobil saya," ujar Hamilton. "Saya ikut bersemangat melihatnya menemukan hal menakjubkan dari mobil ini. Ini pertama kalinya ia mengendarai mobil ini. Ini mengingatkan saya kepada momen saya mengendarai mobil F1 untuk pertama kali, meski Vale sudah pernah mengendarai mobil F1, tapi mobil ini 'monster' yang berbeda."

Usai menjalani gelaran ini, Rossi akan turun dalam ajang balap ketahanan mobil Gulf 12 Hours di Sirkuit Yas Marina, Abu Dhabi, pada 14 Desember. Membela Monster VR46 Kessel dan mengendarai Ferrari 488 GT3, ia bertandem dengan sang adik, Luca Marini, dan sang sahabat, Alessio 'Uccio' Salucci.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR