MotoGP Rilis Serial Dokumenter Fabio Quartararo, Sorot Perjuangannya Jadi Juara

Anindhya Danartikanya | 20 Desember 2021, 08:55
Juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP
Juara dunia MotoGP 2021, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Bola.net - Dorna Sports selaku promotor MotoGP mengumumkan serial dokumenter Fabio Quartararo yang akan tayang di situs resmi kejuaraan. Serial dokumenter berisi dua episode itu diberi judul 'Fabio Quartararo: A Date with Destiny' yang mengisahkan perjuangannya jadi juara dunia.


Seperti yang diketahui, Quartararo merebut gelar dunia MotoGP 2021 usai meraih 10 podium dan 5 kemenangan, dan mengunci mahkota juara dalam Seri Emilia Romagna di Sirkuit Misano pada akhir Oktober lalu. Ia menjadi juara dunia GP500/MotoGP pertama asal Prancis.

Dalam perjuangannya merebut gelar ini, Quartararo melewati jalan yang cukup berliku. Pasalnya, ia sempat dua kali menjuarai FIM CEV Repsol Moto3 pada 2013 dan 2014, namun terseok-seok ketika berlaga di Moto3 dan Moto2 selama empat musim.

1 dari 2 halaman

Karier yang Berliku

Poster serial dokumenter Fabio Quartararo: A Date with Destiny. (c) MotoGP.comPoster serial dokumenter Fabio Quartararo: A Date with Destiny. (c) MotoGP.com

Nasib El Diablo berubah drastis ketika ia secara mengejutkan memenangi Moto2 Catalunya 2018 bersama Speed Up Racing. Momen itu menjadi kunci keputusan Petronas Yamaha SRT untuk menggaetnya dan menurunkannya di MotoGP pada 2019.

Usai jadi debutan terbaik, meraih tujuh podium, dan sempat berduel sengit dengan Marc Marquez, sayangnya performa Quartararo naik turun pada 2020. Meski merebut tiga kemenangan, hasilnya sangat tak konsisten. Alhasil, usai memuncaki klasemen selama sembilan seri pertama, ia mengakhiri musim di peringkat kedelapan.

Untungnya, sebelum 2020 berjalan kelam, Quartararo sudah menandatangani kontrak untuk membela Monster Energy Yamaha pada 2021. Dengan bantuan psikolog, rider berusia 22 tahun ini memperbaiki mentalitasnya dan tak mau menyia-nyiakan kans membela tim pabrikan.

2 dari 2 halaman

Tayang di MotoGP.com

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

Kekuatan mental, ditambah dukungan teknis yang lebih solid dari Yamaha, Quartararo pun menjadi pembalap paling konsisten sepanjang 2021, meski sempat mendapatkan ancaman serius dari rider Ducati Lenovo Team, Pecco Bagnaia, jelang akhir musim.

Namun, Quartararo akhirnya keluar sebagai juara MotoGP, mengikuti jejak sang idola, Valentino Rossi. Dalam serial dokumenter ini, fans pun akan dimanjakan oleh tayangan-tayangan di balik layar dan wawancara spesial soal kerja keras Quartararo dalam meraih impiannya.

Episode pertama dari serial ini akan tayang di MotoGP.com pada Selasa, 21 Desember 2021, sementara episode kedua akan tayang pada Kamis, 23 Desember 2021. Selamat menonton ya, Bolaneters!

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR