MotoGP Resmi Ubah Aturan Tes: Dikurangi Karena Jumlah Balapan Bertambah

Anindhya Danartikanya | 28 April 2022, 16:05
MotoGP Austin 2022 di Circuit of The Americas (c) AP Photo
MotoGP Austin 2022 di Circuit of The Americas (c) AP Photo

Bola.net - Grand Prix Commission (GPC) resmi mengumumkan perubahan regulasi tes untuk kelas MotoGP yang akan efektif berlaku mulai 2023 mendatang. Jumlah hari yang digunakan untuk tes akan dikurangi seiring jumlah balapan yang bertambah. Demikian yang dirilis lewat MotoGP.com, Kamis (28/4/2022), jelang Seri Spanyol di Sirkuit Jerez.

Musim 2022 sendiri menyajikan 21 seri balap, yakni jumlah balapan terbanyak dalam sejarah Grand Prix. Para pembalap dan tim peserta pun sudah bertahun-tahun meminta jumlah tes juga dikurangi jika Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP ini menambah jumlah balapan dalam satu musim.

Keinginan mereka itu dikabulkan oleh GPC, yang telah menggelar rapat di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal, pada 22 April 2022 untuk membahas hal ini. Rapat itu dihadiri Carmelo Ezpeleta (CEO Dorna Sports), Paul Duparc (Manajer FIM), Herve Poncharal (Presiden IRTA), dan Biense Bierma (Sekretaris MSMA).

1 dari 2 halaman

Juga Disepakati oleh Michelin

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Pembalap Repsol Honda, Marc Marquez (c) Honda Racing Corporation

Kesepakatan mengurangi jumlah tes ini juga diraih dalam diskusi antara IRTA, yakni asosiasi tim balap MotoGP, dengan Michelin, yang bertindak sebagai suplier tunggal ban kelas para raja. Perubahan yang paling mencolok adalah durasi tes pascamusim, yang dikurangi dari dua menjadi satu hari saja.

Tes shakedown untuk test rider dan debutan dipastikan tetap berdurasi tiga hari. Sementara itu, tes pramusim untuk semua pembalap reguler MotoGP tetap berdurasi lima hari saja, seperti yang mulai diberlakukan pada 2022. Sebelumnya, tes pramusim berdurasi enam hari.

Tes pascabalap juga resmi dikurangi dari empat hari menjadi dua hari saja. Sebagai perbandingan, pada 2021, tes pascabalap digelar tiga kali, yakni di Jerez dan Catalunya masing-masing berdurasi sehari, sementara tes di Misano berdurasi dua hari.

Berikut regulasi tes MotoGP mulai 2023 seperti yang dilansir dari situs resmi kejuaraan.

2 dari 2 halaman

Regulasi Tes MotoGP 2023

Pembatasan Tes Kelas MotoGP - Efektif Mulai Musim 2023

Menyadari dampak dari bertambahnya jumlah gelaran balap, persetujuan telah diberikan kepada kesepakatan yang diraih oleh tim-tim peserta dan Michelin untuk mereduksi jumlah hari tes resmi yang diperbolehkan untuk kelas MotoGP.

Program tes yang sudah direvisi adalah:

  • Satu tes resmi berdurasi 1 hari, setelah gelaran balap terakhir musim 2022, di sirkuit yang juga dipakai menggelar gelaran balapan terakhir (Valencia).
  • Satu tes shakedown berdurasi 3 hari, sebelum tes resmi pertama setelah periode larangan tes musim dingin. Tes ini hanya untuk para test rider pabrikan dan para debutan kelas MotoGP.
  • Satu tes resmi berdurasi 3 hari, setelah periode larangan tes musim dingin dan sebelum gelaran balap pertama musim terkait.
  • Satu tes resmi berdurasi 2 hari, setelah periode larangan tes musim dingin dan sebelum gelaran balap pertama musim terkait.
  • Dua tes resmi berdurasi 1 hari, pada Senin atau Selasa setelah gelaran balap di sirkuit terkait dan pada tanggal yang disepakati tim-tim peserta, Dorna Sports, dan IRTA.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR