MotoGP Mandalika 2022 Resmi Digelar dengan Nama 'Pertamina Grand Prix of Indonesia'

Anindhya Danartikanya | 10 Februari 2022, 09:55
Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo
Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo

Bola.net - Pekan balap MotoGP Indonesia 2022 di Mandalika, Lombok, pada 18-20 Maret mendatang resmi akan digelar dengan nama 'Pertamina Grand Prix of Indonesia'. Penamaan ini diharapkan bisa mendorong pertumbuhan ekonomi nasional melalui kejuaraan balap motor terakbar di dunia tersebut.

Direktur Utama Pertamina, Nicke Widyawati, berharap ajang ini dapat membantu pemulihan ekonomi nasional, meningkatkan potensi pariwisata, memajukan ekosistem olahraga balap motor, sekaligus menjadi momentum kebanggaan Indonesia dan semangat untuk bangkit dari pandemi Covid-19.

"Dengan penyelenggaraan Pertamina Grand Prix of Indonesia ini, kita dapat memperkuat nation branding Indonesia sebagai negara yang resilient di tengah krisis pandemi global," ujarnya seperti yang dikutip dari Antara pada Rabu (9/2/2022).

Untuk mewujudkan langkah ini, Pertamina menyepakati kerja sama dengan Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP. Penandatanganan itu dilakukan oleh Nicke dan Managing Director Dorna Sports, Carlos Ezpeleta, secara daring yang disaksikan oleh Menteri BUMN, Erick Thohir, di Jakarta.

1 dari 2 halaman

Dorna Sports Menyambut Hangat

Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo

Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo

Nicke ingin sinergi perusahaan pelat merah dalam penyelenggaraan MotoGP mampu memberikan efek berganda, sekaligus peluang penetrasi pasar global yang luas bagi Pertamina, produk-produk BUMN maupun UMKM yang berada di Mandalika maupun di daerah lain.

Ezpeleta juga mengaku senang atas keterlibatan Pertamina sebagai pendukung utama MotoGP Indonesia. Menurutnya, kerja sama ini akan memperkuat kehadiran Pertamina dan Indonesia di MotoGP, mengingat Pertamina juga mendukung SAG Team di Moto2.

"Kami bangga mengumumkan kesepakatan kerja sama untuk gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia, memastikan Pertamina, Indonesia, dan Pulau Lombok menjadi pusat perhatian di panggung internasional," ucap Ezpeleta, yang juga putra dari CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

2 dari 2 halaman

Diapresiasi Presiden Jokowi

Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo

Sirkuit Mandalika, Indonesia (c) AP Photo

Erick Thohir juga menyebut Presiden Joko Widodo sejak awal mendorong acara-acara internasional di Indonesia, seperti Asian Games, WorldSBK, dan MotoGP. la mengapresiasi keseriusan pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan Indonesia Tourism Development Cooperation (ITDC) yang berjuang menyukseskan olahraga ini.

"Apresiasi tinggi kepada Pertamina yang memang sekarang kami terus dorong sebagai perusahaan global. Kami punya target Pertamina mempunyai valuasi yang sangat besar 100 miliar dolar AS," ujar Erick.

Saat ini, para pembalap MotoGP sedang berada di Mandalika untuk menjalani uji coba pramusim kedua pada 11-13 Februari, sementara para rider Moto3 dan Moto2 menjalani uji coba pramusim di Jerez, Spanyol. Seri pertama musim ini akan digelar di Losail, Qatar, pada 4-6 Maret mendatang.

View this post on Instagram

A post shared by ITDC (@itdc_id)

Sumber: Antara

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR