BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

'MotoGP Harus Pelajari Formula 1 Soal Cara Promosikan Balapan'

16-12-2019 10:38 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Pramac Racing, Jack Miller (c) Pramac Racing Pebalap Pramac Racing, Jack Miller (c) Pramac Racing

Bola.net - Usai menjadi tamu Scuderia Ferrari di Formula 1 GP Italia di Monza pada September, Jack Miller melihat perbedaan besar strategi pemasaran antara F1 dan kejuaraan yang ia tekuni, MotoGP. Lewat Motorsport Total, rider Pramac Racing ini yakin MotoGP harus belajar dari F1.

Miller mengaku merasakan F1 semakin dikenal oleh banyak orang, bahkan oleh khalayak awam sekalipun. JackAss meyakini bahwa peningkatan ini terjadi sejak hak penyelenggaraan F1 diambil alih oleh Liberty Media dari CVC Capital Partners pada awal 2017.

Liberty dinilai Miller kerap memanjakan penggemar tak hanya lewat aksi para pebalap di lintasan. Liberty belakangan ini memang memaksimalkan event-event pendukung seperti konser dari musisi-musisi dunia dalam pekan balap F1.

1 dari 2 halaman

F1 Makin Dikenal Sejak Diurus Liberty Media

Formula 1 GP Inggris 2019 (c) AP Photo Formula 1 GP Inggris 2019 (c) AP Photo

Tak hanya itu, F1 beserta tim-tim peserta rajin mengundang tokoh-tokoh dunia dari berbagai bidang demi memperluas jangkauan penggemarnya di seluruh penjuru bumi. Menurut Miller, Liberty sangat andal dalam memasarkan F1 kepada banyak orang.

"Pertunjukan yang disajikan F1 sejak mereka diambil alih oleh orang Amerika Serikat justru impresif. Contohnya, cara mereka memulai balapan: mereka menggelar konser musik. Atau ada kembang api (saat finis), dan hal-hal lainnya," ungkap Miller, yang musim ini meraih empat podium.

Gebrakan terakhir F1 dalam sektor pemasarannya adalah merilis seri dokumenter 'Drive to Survive' lewat Netflix. Tahun depan, Netflix bahkan dipastikan akan merilis musim kedua seri tersebut, dan bakal lebih detail mengisahkan persaingan di kejuaraan tersebut.

2 dari 2 halaman

F1 Peduli pada Penggemar

Hal-hal inilah yang diinginkan Miller dipelajari Dorna Sports, mengingat MotoGP merupakan kejuaraan balap motor terakbar di dunia, yang juga layak dikenal lebih banyak orang di seluruh dunia. "MotoGP harus belajar beberapa hal dari cara F1 mempromosikan balapan," ujarnya.

"Selain itu, F1 juga memuaskan fans dengan menyediakan DJ di panggung (podium) usai balapan. Mereka memberikan lebih banyak hal untuk penggemar, dan orang ternyata juga mau membayar tinggi untuk event-event ini. Mereka benar-benar dipedulikan," pungkasnya.

Miller akan kembali turun lintasan dengan motor Ducati Desmosedici GP20 miliknya dalam uji coba pramusim MotoGP Malaysia di Sirkuit Sepang pada 7-9 Februari 2020 mendatang.

KOMENTAR

Sofia Kenin Petenis Belia yang Mengejutkan Australian Open 2020