MotoGP Bengong Nonton Danilo Petrucci di Reli Dakar: Menakutkan, Bisa Jadi Juara!

Anindhya Danartikanya | 7 Januari 2022, 16:45
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images
Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Bola.net - Para rider MotoGP dibikin bengong oleh performa Danilo Petrucci di Reli Dakar 2022 Arab Saudi. Eks rival mereka pada 2012-2021 tersebut mampu tampil kompetitif meski masih berstatus debutan. Ia bahkan kerap mengasapi para rider yang jauh lebih berpengalaman dan pernah menjuarai ajang balap paling berbahaya di bumi itu.


Petrucci memang digaet oleh KTM untuk diturunkan di Reli Dakar 2022 meski tak punya banyak pengalaman di arena rally raid. Bersama skuad Tech 3 KTM Factory Racing, tadinya partisipasi Petrucci ini hanya ditujukan untuk meningkatkan pemasaran KTM di Italia. Nyatanya, hasil yang mereka dapatkan justru jauh lebih dari itu.

Petrucci, yang lama turun di ajang road race, hanya menjalani persiapan tiga bulan menjelang Dakar. Ia juga sedang cedera engkel dan tumit kanan. Tapi ia justru tampil menggebrak. Ia memperebutkan podium di Stage 2 sebelum motornya rusak, sempat finis ketiga di Stage 4 meski akhirnya dihukum 10 menit, dan bahkan memenangi Stage 5.

Petrucci pun tercatat sebagai eks rider MotoGP pertama yang mampu merebut kemenangan dalam sebuah stage Reli Dakar. Para rivalnya di MotoGP pun langsung bereaksi heboh, membanjirinya ucapan selamat baik di media sosial maupun lewat pesan pribadi. Kebanyakan dari mereka terkejut, meski kerap berlatih motocross dengan 'Petrux'.

Salah satu yang sering berlatih off-road dengan Petrucci adalah Andrea Dovizioso, yang juga merupakan sahabat baiknya. Petrucci juga kerap latihan dengan VR46 Riders Academy, hingga Franco Morbidelli paham betul seberapa cepatnya rider berusia 31 tahun itu. Lewat Moto.it, Jumat (7/1/2022), para rider ini mengungkapkan rasa kagumnya.

1 dari 5 halaman

Andrea Dovizioso - WithU Yamaha RNF MotoGP Team

Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci saat bertandem di Ducati MotoGP 2019. (c) Ducati

"Saya kenal Danilo sedikit-sedikit. Saya tahu betapa kuatnya dia. Di off-road, ia menakutkan (dalam artian positif). Terutama di enduro dan kondisi-kondisi tertentu seperti Dakar. Saya sendiri tak kaget melihat kecepatannya.

"Namun, saya terkejut melihat hasil akhirnya. Saya bisa bayangkan ada banyak kesulitan dalam manajemen dan navigasinya. Padahal itu butuh pengalaman, sementara dia tidak punya. Sungguh menakutkan. Saya bahagia untuknya."

2 dari 5 halaman

Enea Bastianini - Gresini Racing

Pembalap Gresini Racing, Enea Bastianini (c) Gresini Racing

"Danilo tengah melakukan sesuatu yang menakjubkan. Ia kerap mengalami beberapa kesialan, berkat kurangnya pengalaman. Namun, ia melakukan hal yang fenomenal pada beberapa stage terakhir.

"Saya pernah dapat kesempatan membandingkan diri dengan Danilo di motocross. Ia sangat kuat. Jadi, saya tak perlu capek-capek mengharapkan ia meraih hasil baik di Dakar. Saya yakin beberapa tahun lagi ia bisa jadi kandidat juara di sana."

3 dari 5 halaman

Jorge Martin - Pramac Racing

Pembalap Pramac Racing, Jorge Martin (c) AP Photo

"Apa yang dia lakukan menakjubkan! Saya tahu level yang ada di sana, karena saya berlatih dengan beberapa rider Dakar. Danilo melakukan sesuatu yang fantastis. Sungguh disayangkan apa yang terjadi padanya di Stage 2, tapi ia masih bisa tampil hebat."

4 dari 5 halaman

Fabio Quartararo - Monster Energy Yamaha

Pembalap Monster Energy Yamaha, Fabio Quartararo (c) Yamaha MotoGP

"Saya tahu Danilo benar-benar cepat di arena motocross, namun Dakar adalah kisah yang sangat berbeda. Ada buku peta, balapannya sangat panjang, sangat berat dan sulit. Namun, ia mampu meraih kemenangan di satu stage.

"Saya sangat senang, karena ia orang yang sangat baik dan ia teman baik bagi saya. Saya mengharapkan yang terbaik untuknya di sisa balapan, dan mengharapkan masa depan yang cerah di off-road. Saya tahu ia bisa melaju sangat cepat."

5 dari 5 halaman

Franco Morbidelli - Monster Energy Yamaha

Pembalap Monster Energy Yamaha, Franco Morbidelli (c) Yamaha MotoGP

"Dia benar-benar hebat dan dia layak mendapatkannya. Saya juga terkejut. Saya tak mengiranya. Saya sudah pernah lihat ia melaju cepat dengan motor-motor off-road, namun saya tak terpikir ia bakal tampil sangat baik. Grande, Petrux!"

Sumber: Motoit

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR