BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

MotoGP 2020 Dimulai di Jerez, Inilah 8 Hal yang Penting Diketahui

13-07-2020 14:45 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha Pebalap Monster Energy Yamaha, Valentino Rossi (c) Yamaha

Bola.net - Usai tertunda lebih dari empat bulan akibat pandemi virus corona (Covid-19) yang merebak di mana-mana, MotoGP 2020 akhirnya akan dimulai juga di Sirkuit Jerez, Spanyol, pada 17-19 Juli mendatang.

Demi kelancaran penyelenggaraan musim balap, FIM, IRTA, dan Dorna Sports, pun mempersiapkan protokol medis yang sangat ketat dan wajib ditaati semua peserta MotoGP, Moto2, Moto3, dan MotoE, begitu juga para staf organisasi dan promotor, demi menghindari paparan virus.

Selain wajib memakai masker dan menjalankan anjuran sanitasi, seluruh pekerja paddock MotoGP akan menjalani isolasi yang dijalankan berdasarkan kelompok kerja dan tim balap masing-masing, serta tak boleh bepergian kecuali ke sirkuit atau hotel.

Selain itu, Dorna Sports selaku promotor MotoGP menegaskan adanya penekanan jumlah pekerja paddock, dan takkan ada kehadiran wartawan dan penonton. Ini semua dilakukan demi menaati anjuran physical distancing.

Di luar kepentingan protokol medis, MotoGP 2020 dijamin Dorna Sports akan tetap menyajikan pertunjukan yang sangat seru bagi penggemar balap yang menyaksikannya dari rumah. Level persaingan yang ketat akan dipertahankan musim ini.

Sebelum menonton balapan pertama MotoGP 2020, ada delapan hal yang penting diketahui oleh Bolaneters nih. Apa saja sih? Simak ulasannya berikut ini ya!

1 dari 9 halaman

13 Seri dan 4 Trek Gelar 2 Balapan

Circuito de Jerez - Angel Nieto, Spanyol (c) MotoGP.com Circuito de Jerez - Angel Nieto, Spanyol (c) MotoGP.com

Sesuai dengan kalender balap MotoGP 2020 yang dirilis pada pertengahan Juni lalu, musim ini akan terdiri dari 13 balapan di 8 trek dan 5 negara Eropa berbeda. Balapan di Argentina, Thailand, dan Malaysia sedang diusahakan, namun hanya bisa terwujud jika penonton boleh hadir.

Jerez akan menggelar dua balapan pertama musim ini dalam dua akhir pekan beruntun, yakni pada 17-19 dan 24-26 Juli. Selain Jerez, ada empat trek lain yang akan menggelar dua balapan dengan format serupa, yakni Red Bull Ring, Misano, Aragon, dan Valencia.

2 dari 9 halaman

Musim Terakhir Valentino Rossi sebagai Rider Tim Pabrikan

Valentino Rossi (c) Yamaha Valentino Rossi (c) Yamaha

Musim 2020 pun akan dipastikan akan menjadi musim terakhir Valentino Rossi sebagai rider tim pabrikan, usai pada akhir Januari lalu tempatnya di Monster Energy Yamaha akan diambil alih Fabio Quartararo mulai musim depan.

Rossi sendiri bertekad balapan setidaknya satu musim lagi, dan ia tengah menjalani proses negosiasi dengan Petronas Yamaha SRT. Jika terwujud, maka ia akan bertandem dengan anak didiknya sendiri di VR46 Riders Academy, Franco Morbidelli.

3 dari 9 halaman

Diramaikan 13 Juara Dunia

Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso (c) Yamaha/Honda/Ducati Valentino Rossi, Marc Marquez, dan Andrea Dovizioso (c) Yamaha/Honda/Ducati

Meski sayangnya digelar dengan musim yang singkat, MotoGP 2020 diperkirakan akan menjadi musim balap yang sangat ketat karena diramaikan oleh 13 juara dunia, serta 4 rider yang setidaknya pernah memperebutkan gelar dunia serta pernah duduk di peringkat runner up.

13 Juara dunia itu adalah, Valentino Rossi, Marc Marquez, Alex Marquez, Johann Zarco, Andrea Dovizioso, Maverick Vinales, Joan Mir, Pol Espargaro, Brad Binder, Francesco Bagnaia, Franco Morbidelli, Tito Rabat, dan Cal Crutchlow.

4 Rider yang pernah jadi runner up antara lain adalah Alex Rins, Jack Miller, Bradley Smith, dan Miguel Oliveira. Meski begitu, para rider seperti Fabio Quartararo, Danilo Petrucci, Aleix Espargaro, Takaaki Nakagami, dan Iker Lecuona, juga diyakini bakal memberikan perlawanan sengit.

4 dari 9 halaman

Andrea Dovizioso Mulai Musim dengan Cedera

Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Pebalap Ducati Team, Andrea Dovizioso, diperkirakan akan menghadapi balapan pertama 2020 dengan kondisi fisik yang tak 100% fit karena dirundung cedera patah tulang bahu kiri akibat kecelakaan hebat di balapan kejuaraan motocross regional Monte Coralli di Faenza, Italia, pada akhir Juni.

Tim dokter yang menangani pun memprediksi tulang bahu Dovizioso sudah cukup kuat untuk dipakai balapan di Jerez nanti, namun Ducati Corse tetap meminta sang test rider, Michele Pirro, untuk hadir demi berjaga-jaga jika Dovizioso masih kesulitan dan mendadak memilih absen.

5 dari 9 halaman

Bradley Smith Gantikan Andrea Iannone

Andrea Iannone, Bradley Smith, dan Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing Andrea Iannone, Bradley Smith, dan Aleix Espargaro (c) Aprilia Racing

Test rider Aprilia Racing, Bradley Smith, resmi 'naik pangkat' dan kembali menjadi pebalap reguler MotoGP setelah ditunjuk untuk sementara menggantikan Andrea Iannone selama absen.

Iannone diketahui tersandung kasus dugaan penggunaan doping dan tengah dijatuhi hukuman 18 bulan larangan berkompetisi terhitung sejak 17 Desember 2019. Kasusnya saat ini sedang diproses di Pengadilan Arbitrase Olahraga (CAS), yang belum menentukan waktu sidang.

6 dari 9 halaman

Tiga Rider Perebutkan Gelar Debutan Terbaik

Alex Marquez, Iker Lecuona, dan Brad Binder (c) HRC/KTM Alex Marquez, Iker Lecuona, dan Brad Binder (c) HRC/KTM

Musim ini, terhitung ada tiga pebalap yang akan menjalani debut di MotoGP, yakni Alex Marquez yang membela Repsol Honda, Brad Binder dari Red Bull KTM Factory Racing), dan Iker Lecuona dari Red Bull KTM Tech 3.

Dianggap punya talenta yang sama besar dan performa yang sama kuat, ketiga rider ini pun diprediksi akan sangat sengit memperebutkan gelar debutan terbaik, yakni gelar yang musim lalu direbut oleh Fabio Quartararo.

7 dari 9 halaman

Para Peserta Waspadai Gebrakan Aprilia

Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia Pebalap Aprilia Racing Team Gresini, Aleix Espargaro (c) Aprilia

Aprilia diketahui kembali ke MotoGP pada 2015, namun baru kali ini pabrikan asal Noale, Italia, tersebut mampu merakit motor RS-GP yang menjanjikan, yakni usai mengubah konsep mesin dari V4 75° ke V4 90°.

Komitmen Aprilia ini bahkan sudah terlihat mulai awal tahun ini. Dalam uji coba pramusim di Malaysia dan Qatar pada Februari, mereka menyediakan motor RS-GP terbaru, yang mendapatkan pujian tinggi dari Aleix Espargaro, dan mendadak diawasi oleh para rivalnya.

8 dari 9 halaman

Moto2 dan Moto3 Jalani Seri Kedua

Pebalap Red Bull KTM Ajo, Tetsuta Nagashima (c) KTM Ajo Pebalap Red Bull KTM Ajo, Tetsuta Nagashima (c) KTM Ajo

Berbeda dengan MotoGP yang belum menjalani satu pun balapan musim ini akibat pandemi virus corona, Moto2 dan Moto3 justru akan menjalani seri keduanya saat tiba di Sirkuit Jerez pada 17-19 Juli nanti.

Moto2 dan Moto3 diketahui telah memulai musim 2020 di Sirkuit Losail, Qatar, pada awal Maret lalu, ketika semua peserta kedua kelas sudah berada di sana lebih dulu sebelum pemerintahan Qatar memberlakukan kebijakan karantina wilayah yang tak mengizinkan warga negara Italia masuk.

9 dari 9 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR