'Morbidelli-Quartararo Menjanjikan, Motornya Lebih Baik dari Tech 3'

Anindhya Danartikanya | 29 Januari 2019, 11:50
'Morbidelli-Quartararo Menjanjikan, Motornya Lebih Baik dari Tech 3'
Fabio Quartararo dan Franco Morbidelli (c) SIC Racing Team

Bola.net - - Manajer Tim Petronas Yamaha SRT, Wilco Zeelenberg mengaku menaruh kepercayaan tinggi pada kedua pebalapnya, Franco Morbidelli dan Fabio Quartararo menjelang MotoGP 2019. Dalam acara peluncuran tim di Menara Petronas, Kuala Lumpur, Malaysia, Senin (28/1), Zeelenberg yakin bahwa talenta kedua rider ini akan membawa timnya menuju titel prestisius.

Sebelum bergabung dengan SRT, Zeelenberg menjabat sebagai analis performa rider Yamaha Factory Racing untuk Jorge Lorenzo dan Maverick Vinales. Pria Belanda ini pun sudah mulai bekerja sama dengan Morbidelli dan Quartararo dalam uji coba pascamusim di Valencia dan Jerez, Spanyol pada November lalu. Menurutnya, Morbidelli memberikan indikasi yang sangat menarik soal Yamaha.

"Saya bisa katakan informasi yang Franco beri sangatlah blak-blakan dan tepat. Ini bagus untuk Yamaha dan tim. Tak banyak rider yang apa adanya seperti dia. Ini memang tak terlalu penting, tapi ini membantu tim untuk tetap tenang. Jika Anda menunjukkan masalah utamanya, tim bisa mengerjakannya dan memperbaikinya. Jadi, Anda tak tersesat. Ini lah keunggulan Franco saat ini," ujar Zeelenberg.

1 dari 2 halaman

Bakal Bimbing Quartararo

Wilco Zeelenberg (c) SIC Racing Team

Wilco Zeelenberg (c) SIC Racing Team

Di sisi lain, SRT memiliki Quartararo, yang masih berusia 19 tahun namun dinilai sangat bertalenta. Sejak usia 14 tahun, rider Prancis ini telah mendapat julukan 'The Next Marc Marquez' dengan sederet prestasi gemilang saat masih turun di kejuaraan-kejuaraan Spanyol. Gebrakannya di Moto2 tahun lalu, membuat Zeelenberg optimistis dan berjanji bakal membantunya beradaptasi di MotoGP.

"Saat ini Fabio masih berkendara berdasar talenta 'mentah'-nya. Ia masih sangat muda, tapi sudah sangat cepat. Sejauh ini inputnya sudah tampak dari catatan waktunya. Ia belum mengenal motor kami, belum mengenal MotoGP, tapi ia sudah dalam tahap belajar, dan saya rasa ia akan terus begitu sepanjang musim ini. Ia belajar dengan cepat dan saya yakin ia bakal tampil kompetitif," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Paket YZR-M1 Lebih Baik dari Tech 3

Zeelenberg juga menyatakan bahwa YZR-M1 yang dikendarai Morbidelli dan Quartararo musim ini akan memiliki performa yang lebih baik dari tim satelit Yamaha sebelumnya, Tech 3 Racing. Meski hanya Morbidelli yang dipastikan mendapat M1 spek pabrikan, Zeelenberg menyatakan bahwa M1 milik Quartararo juga takkan kalah garang.

"Kouichi Tsuji (Presiden Yamaha Motor Racing) menyatakan motor kami sangat mirip dengan milik tim pabrikan. Regulasi tak memperbolehkan terlalu banyak perbedaan pada mesin. Jelas tim pabrikan selalu lebih cepat, karena pengembangan mereka takkan berhenti. Mesin 'dibekukan' sepanjang musim, jadi mesin yang kami pakai di awal musim bakal sama dengan akhir musim," tuturnya.

Eks manajer tim Yamaha WorldSBK ini juga menyebut bahwa motor M1 milik kedua ridernya akan memiliki perbedaan yang sangat kecil dengan M1 milik Valentino Rossi dan Maverick Vinales. "Saya tahu apa yang dimiliki Tech 3 dan saya tahu paket mereka sangat baik. Tapi saat ini, kami punya paket yang lebih baik dari mereka. Jadi kami tahu bahwa perbedaan dengan tim pabrikan semakin kecil," pungkas Zeelenberg.

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR