Momen Langka! Setim, Marc Marquez-Max Verstappen Juarai Gokart Honda Thanks Day 2022

Anindhya Danartikanya | 27 November 2022, 19:44
Momen Langka! Setim, Marc Marquez-Max Verstappen Juarai Gokart Honda Thanks Day 2022
Marc Marquez dan Max Verstappen (c) YouTube/Honda Racing Global

Bola.net - Enam kali juara dunia MotoGP, Marc Marquez, dan dua kali juara dunia Formula 1, Max Verstappen, mengalami momen langka pada Minggu (27/11/2022). Keduanya ditandemkan dalam satu tim saat menjalani balapan gokart di Sirkuit Motegi, Jepang. Mereka bahkan tampil dominan dan menyabet kemenangan dengan mudah.

Honda Thanks Day, yakni fan event yang digelar Honda setahun sekali, kembali menyambangi Motegi pada 25-27 November 2022. Seluruh pembalap motor dan mobil Honda dari berbagai ajang dunia berkumpul dalam event ini demi menyapa fans balap di Jepang dan turut serta dalam berbagai sesi acara yang unik dan seru.

Beberapa sesi tersebut di antaranya parade lap oleh para pembalap dan motor MotoGP, WorldSBK, Moto2, dan Moto3, begitu juga parade lap dari para pembalap dan mobil Formula 1, IndyCar, Super GT, dan juga Super Formula. Ada pula pertunjukan seru dari para pembalap trial dan motocross Honda di medan-medan ekstrem.

1 dari 2 halaman

Ancaman dari Xavi Vierge dan Tim Gajser

Marc Marquez mendorong Max Verstappen saat pit stop dalam balapan gokart Honda Thanks Day 2022. (c) YouTube/Honda Racing GlobalMarc Marquez mendorong Max Verstappen saat pit stop dalam balapan gokart Honda Thanks Day 2022. (c) YouTube/Honda Racing Global

Sesi yang tak kalah seru adalah balapan minibike dan gokart. Balapan gokart pun lebih disorot karena menampilkan empat pembalap F1, yakni Max Verstappen, Sergio Perez, Pierre Gasly, dan Yuki Tsunoda. Ada pula Marc Marquez sebagai perwakilan dari MotoGP, serta Xavi Vierge sebagai perwakilan WorldSBK.

Start kedua, Marquez yang bertandem dengan Verstappen langsung memimpin. Namun, ia harus berjibaku dengan Vierge yang setim dengan legenda trial, Toni Bou. Tak lama setelahnya, ia juga dapat ancaman dari juara dunia MXGP, Tim Gajser, yang menjadi rekan setim Perez. Marquez pun menyajikan aksi-aksi agresif.

Pit stop kemudian dilakukan, di mana rider Repsol Honda itu menyerahkan kemudi kepada Verstappen. Berkat usaha keras Marquez pada stint pertama, Verstappen bisa dengan mudah meraih kemenangan. Gajser dan Perez harus legawa finis kedua, sementara Yuki Tsunoda dan Tomoyuki Ogawa finis ketiga.

2 dari 2 halaman

Max Verstappen Merasa Hoki Setim dengan Marc Marquez

Sergio Perez, Tim Gajser, Max Verstappen, Marc Marquez, Yuki Tsunoda, dan Tomoyuki Ogawa (c) YouTube/Honda Racing GlobalSergio Perez, Tim Gajser, Max Verstappen, Marc Marquez, Yuki Tsunoda, dan Tomoyuki Ogawa (c) YouTube/Honda Racing Global

"Balapan ini menyenangkan. Saya harus bertarung sengit dengan Tim. Saya beruntung bisa berkendara dengan cerdas. Saya juga memotong jalur dalam tikungan, karena kami kehilangan banyak waktu. Manuver itu adalah cara terbaik, karena dengan begitu Max mendapati trek yang bersih dan bisa ngotot. Kami pun menang!" ucap Marquez.

Verstappen juga memberikan pujian kepada Marquez yang menurutnya sangat bekerja keras demi terus memimpin balapan. Pembalap Belanda berdarah Belgia ini mengaku sangat beruntung memiliki Marquez sebagai rekan setimnya, meski ia sendiri dikenal andal dalam mengendarai gokart sejak belia.

"Saya rasa Marc melakukan tugas terberat. Ia mampu terus mempertahankan posisi terdepan. Kami menerapkan strategi yang baik dengan cara memotong jalur dalam tikungan. Kami bersenang-senang. Saya beruntung punya dia sebagai tandem, karena ia sangat cepat!" ujar driver Red Bull Racing ini, sukses bikin Marquez dan Vierge tertawa.

Hasil podium gokart Honda Thanks Day 2022:

  1. Max Verstappen (Formula 1) dan Marc Marquez (MotoGP)
  2. Sergio Perez (Formula 1) dan Tim Gajser (MXGP)
  3. Yuki Tsunoda (Formula 1) dan Tomoyuki Ogawa (Super GT)

Sumber: YouTube/Honda Racing Global

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR