Miguel Oliveira: Kerja Keras Dani Pedrosa untuk KTM Telah Terbayar

Anindhya Danartikanya | 8 September 2020, 11:10
Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer
Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, yakin kerja keras Dani Pedrosa sebagai test rider KTM telah terbayar, mengingat mereka menggebrak MotoGP 2020 dengan performa gemilang, ditambah dua kemenangan dan satu podium. Hal ini ia sampaikan via Crash.net, Senin (7/9/2020).


Usai 18 tahun setia membela Honda, Pedrosa pensiun pada akhir 2018 dan pindah ke KTM demi jadi test rider. Sejak itu pula ia menyediakan berbagai masukan berharga untuk pengembangan RC16. Hasilnya pun mulai terlihat pada akhir 2019, dan tahun ini, KTM semakin mengancam.

Brad Binder secara mengejutkan merebut kemenangan dominan di Ceko dengan keunggulan 5 detik, dan Oliveira menyusul di Styria usai bersaing sengit dengan Jack Miller dan Pol Espargaro. Espargaro finis ketiga, dan ikut mempersembahkan trofi untuk KTM.

1 dari 3 halaman

Dani Pedrosa Bikin RC16 Lebih Jinak

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) Twitter/Red Bull KTM Tech 3

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) Twitter/Red Bull KTM Tech 3

Oliveira pun yakin hasil ini tak terlepas dari jasa Pedrosa. "Motor kami jelas mengalami kemajuan besar dibanding tahun lalu. Dani telah melakukan banyak pekerjaan. Ia benar-benar memberi masukan yang sangat baik agar motor kami jauh lebih mudah dikendarai. Hasilnya pun terlihat," ujarnya.

Kebanyakan rider KTM saat ini memiliki gaya balap yang agresif. Namun, uniknya, gaya balap Pedrosa yang halus mampu mendorong insinyur KTM merakit RC16 yang lebih mudah dikendarai. Alhasil, para rider tak harus bekerja ekstra keras dalam mengendalikan motor tersebut.

"Kami benar-benar bisa merasakan motor ini lebih mudah dikendarai. Kami bisa berkendara lebih halus, yang juga seperti gaya balap Dani. Jadi, pada akhirnya kerja keras ini benar-benar terbayar," ungkap Oliveira, pemenang balapan MotoGP pertama asal Portugal.

2 dari 3 halaman

Justru Senang Kehilangan Hak Konsesi

Lewat podium Espargaro di MotoGP Valencia 2018, ditambah hasil tahun ini, KTM resmi kehilangan konsesi. Hak untuk melakukan uji coba tanpa batas langsung dicabut, dan mulai musim depan akan dinaungi aturan engine freeze, serta alokasi mesinnya berkurang dari 9 menjadi 7 per musim.

"Kami kehilangan konsesi dan ini justru bagus. Yang penting adalah melihat KTM oranye di parc ferme pada Minggu. Semua keuntungan yang dulu kami dapat, kini terbayar tuntas. Jadi kini saatnya kami membandingkan diri dengan pabrikan-pabrikan terbaik selagi dipayungi aturan yang sama," tutup Oliveira.

Menjelang MotoGP San Marino di Sirkuit Misano pada 11-13 September mendatang, Oliveira tengah duduk di peringkat 9 pada klasemen pembalap dengan koleksi 43 poin.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR