BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Miguel Oliveira Bangga Portugal Kembali Gelar MotoGP

11-08-2020 10:40 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM/Polarity Photo Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) KTM/Polarity Photo

Bola.net - Pembalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira, sangat bahagia dan bangga MotoGP akan kembali ke kampung halamannya, Portugal, untuk pertama kali sejak 2012. Hal ini ia sampaikan via wawancaranya dengan MotoGP.com, Senin (10/8/2020), usai finis keenam di Brno, Ceko.

Musim ini, FIM, IRTA, dan Dorna Sports memang resmi memasukkan Sirkuit Portimao ke dalam kalender balap MotoGP untuk pertama kalinya. Trek ini pun akan menjadi penyelenggara seri ke-15 sekaligus penutup, dan pekan balap di sana akan digelar pada 20-22 November.

Sebelumnya, MotoGP Portugal digelar di Sirkuit Estoril, yakni pada periode 2000-2012. Oliveira sendiri hanya sempat dua kali balapan di sana, yakni saat ia finis ketujuh di GP125 2011, dan gagal finis usai start ketiga di Moto3 2012. Rider 25 tahun itu pun bertekad tampil baik di Portimao nanti.

1 dari 3 halaman

Impian Jadi Nyata

"Saya sangat senang. Saya rasa ini impian jadi nyata bagi saya. Saya hanya dua kali balapan di Portugal di Grand Prix, sekali di GP125 dan sekali di Moto3. Tentu akan jadi tempat yang spesial, apalagi saya satu-satunya rider Portugal di Grand Prix dan kini di MotoGP. Rasanya spesial bisa kembali dan balapan di negara saya," ujarnya.

Portimao dibangun pada 2008, dan sejak itu pula rutin menggelar WorldSBK. Sejak 2017, sirkuit ini jadi sirkuit cadangan MotoGP, sebagai langkah antisipasi jika ada sirkuit lain yang batal menggelar balapan. Meski begitu, kali ini mereka akan menjalani debutnya di Grand Prix.

"Saya sungguh tak sabar. Fakta bahwa Portugal akan jadi seri penutup sungguh menakjubkan, karena saya bisa gaspol dan mengerahkan segalanya di hadapan penonton. Semoga semuanya lancar, dan kami akan mempersiapkan musim ini dengan kuat hingga sampai di seri penutup dengan hasil baik," lanjut Oliveira.

2 dari 3 halaman

Salah Satu Trek Paling Menantang di Dunia

Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) Twitter/Red Bull KTM Tech 3 Pebalap Red Bull KTM Tech 3, Miguel Oliveira (c) Twitter/Red Bull KTM Tech 3

Oliveira sendiri diketahui kerap mengunjungi Portimao, baik untuk latihan maupun menghadiri banyak ajang balap sebagai tamu. Runner up Moto3 2015 dan Moto2 2018 ini pun tahu benar bahwa trek ini bakal sangat menantang bagi MotoGP. "Jujur saja, Portimao merupakan salah satu trek paling menantang di dunia," ujarnya.

"Banyak tikungan 'buta', sulit mencari garis balap yang tepat. Saya rasa bakal sangat menarik melihat performa semua orang, terutama cara motor MotoGP beradaptasi. Tapi saya rasa kami takkan mendapatkan masalah. Saya sendiri suka pergi ke sana, jadi bakal spesial bagi saya balapan di Portugal, terutama di Portimao," tutup Oliveira.

Pembalap Kawasaki Racing Team, Jonathan Rea, merupakan rider WorldSBK tersukses di Portimao, dengan 20 podium, yang 12 di antaranya merupakan kemenangan. Berkat prestasi ini, lima kali juara dunia itu dijuluki 'King of Portimao'.

3 dari 3 halaman

Video: Pembangunan Sirkuit MotoGP Indonesia 2021 di Mandalika

KOMENTAR