BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Mick Doohan: Lebih Baik Andrea Dovizioso Pindah ke WorldSBK

03-11-2020 17:10 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati Pembalap Ducati Team, Andrea Dovizioso (c) Ducati

Bola.net - Lima kali juara dunia GP500, Mick Doohan, sangat yakin Andrea Dovizioso masih merupakan pembalap MotoGP yang tangguh walau usianya kini telah mencapai 34 tahun. Fakta bahwa rider Ducati Team tersebut mampu meramaikan perebutan gelar selama empat musim terakhir adalah bukti yang sangat nyata.

Pada Agustus lalu, Dovizioso secara menggemparkan mengaku ogah membela Ducati lagi tahun depan, yang kabarnya ditengarai polemik dengan para petinggi Tim Merah. Saking jengkelnya, Dovizioso bahkan memutuskan hengkang dari pabrikan Italia it tanpa punya rencana cadangan untuk masa depannya.

"Saya tak dekat dengan Dovi untuk bisa paham bagaimana bisa semua ini terjadi. Jika saya amati, ia sudah membela Honda dan Ducati selama bertahun-tahun, dan saya tak yakin apa ini karena Ducati ingin menggaet generasi baru. Tapi Dovi punya banyak hal berharga untuk ditawarkan," ujar Doohan via MotoGP.com, Rabu (14/10/2020).

1 dari 3 halaman

Pilih Pensiun atau Pindah ke WorldSBK

5 Kali juara dunia GP500, Mick Doohan (c) HRC 5 Kali juara dunia GP500, Mick Doohan (c) HRC

Doohan pun menyatakan bahwa Dovizioso masih sangat layak untuk mendapatkan tim papan atas di MotoGP. Sayangnya, kini sudah tak banyak tempat kosong. Aprilia Racing sempat tertarik padanya untuk dijadikan pengganti Andrea Iannone yang tengah tersandung kasus doping, namun kedua pihak tak cocok soal besaran gaji.

Doohan pun meyakini Dovizioso lebih baik pindah ke WorldSBK jika tak dapat tempat di MotoGP pada 2021. "Dovi punya banyak pengalaman, mampu memenangi balapan, punya potensi merebut gelar dunia, jadi bakal sangat sulit baginya jika ia tak dapat tim yang bagus untuk musim depan," ungkapnya.

"Kalau saya jadi Dovi, lebih baik saya pensiun atau pindah ke WorldSBK, karena saya sangat yakin ia bakal tampil sangat kompetitif di sana. Tapi tetap saja, bakal sangat aneh jika ia tak dapat tempat yang baik di MotoGP musim depan," lanjut pria asal Australia ini.

2 dari 3 halaman

Berharga Bagi Pabrikan Mana pun

Dovizioso belakangan ini mengaku telah melakukan negosiasi dengan beberapa pabrikan, termasuk Yamaha dan Honda, soal kans jadi test rider. Meski menyayangkan, Doohan yakin pengalaman segudang rider Italia tersebut bakal sangat berharga bagi pabrikan mana pun yang menggaetnya untuk jabatan yang kini dianggap elit itu.

"Soal peluang Dovi jadi test rider, jika dilihat dari semua test rider yang ada di MotoGP, ia pasti bisa melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Dulu, saat saya masih balapan, para test rider sangatlah lamban, karena mereka harus menjajal banyak hal dan mengonfirmasinya kepada pabrikan," kisah Doohan.

"Tapi memiliki test rider sekaliber Dovi, pasti bakal sangat bermanfaat bagi pabrikan. Masalahnya, pasti ia bakal tetap ingin balapan. Namun, jika itu memang pilihannya dan ia menikmatinya, maka ini akan jadi keuntungan bagi banyak orang, seperti Dani Pedrosa, yang memberi kontribusi besar pada KTM sebagai test rider, " tutupnya.

Sumber: MotoGP

3 dari 3 halaman

Video: Momen Brad Binder Menangi MotoGP Ceko

KOMENTAR