BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Mick Doohan: Jack Miller Jelas Bertalenta, Namun Harus Lebih Konsisten

19-10-2021 10:12 | Anindhya Danartikanya

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse
Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse

Bola.net - Sebagai sesama orang Australia, lima kali juara dunia GP500, Mick Doohan, tentu sangat menjagokan Jack Miller menjuarai MotoGP. Doohan juga meyakini bahwa rider Ducati Lenovo Team itu punya talenta yang sangat mumpuni. Sayangnya, ia masih lemah pada konsistensi. Hal ini ia sampaikan via MotoGP.com, Senin (18/10/2021).

Tahun 2021 merupakan musim ketujuh Miller di MotoGP, dan ini musim perdananya membela tim pabrikan Ducati. Sejauh ini, ia tiga kali naik podium, termasuk saat menang di Jerez dan Le Mans. Namun, sejak Seri Catalunya, ia belum lagi meraih trofi meski berkali-kali menunjukkan ancaman serius di sesi latihan dan kualifikasi.

"Jack jelas bertalenta. Ia cepat, telah menunjukkan kemampuannya, betapa kuatnya dia, dan punya pengendalian motor yang baik. Namun, konsistensinya kurang. Saya dengar ia terlalu agresif pada ban, padahal konsumsi ban di MotoGP kini sangat tinggi. Mungkin ia terlalu agresif pada ban belakangnya, meski saya tak tahu betul," tutur Doohan.

1 dari 2 halaman

Harus Menang Lagi atau Lebih Konsisten Naik Podium

Mick Doohan (c) HRCMick Doohan (c) HRC

Meski Johann Zarco rider tertua di Ducati, Miller merupakan rider yang paling lama membela pabrikan asal Italia itu. Atas alasan inilah ia jadi andalan Tim Merah pada awal musim. Namun, kenyataannya justru kini Miller dibayang-bayangi sang tandem, Pecco Bagnaia, yang berebut gelar dengan Fabio Quartararo.

"Saat ini, sang tandem tengah mengunggulinya. Bakal menyenangkan jika Jack dapat titik balik. Ia punya kontrak untuk musim depan, jadi ia harus memperbaiki diri, kembali meraih kemenangan, atau setidaknya konsisten meraih podium, dan memangkas poin dari peringkat pertama klasemen," ungkap Doohan.

Dalam wawancara yang sama, Doohan juga mengaku penasaran apa yang bisa dilakukan Miller di pabrikan lain. Selama berkarier di MotoGP, rider 26 tahun ini hanya pernah mengendarai Honda dan Ducati. Namun, Doohan merasa Miller sangat cocok bekerja di Ducati, yakni hal yang sangat jarang terjadi pada masa lalu.

2 dari 2 halaman

Ingin Jack Miller Jadi Juara Dunia

Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse
Pembalap Ducati Lenovo Team, Jack Miller (c) Ducati Corse

"Jack tampak oke-oke saja di Ducati. Saat di Pramac, ia sangat kuat, meski tak pernah menang di tim itu. Namun, kini ia membela tim pabrikan Ducati, di mana kebanyakan orang tak cocok dengan skuad itu. Jack tampaknya bekerja dengan baik bersama mereka. Sebelum naik Ducati, ia hanya pernah naik Honda. Jadi, untuk saat ini, siapa tahu ia bisa cocok dengan motor lain?" ujar Doohan.

Salah satu MotoGP Legend ini pun tak memungkiri dirinya sangat ingin melihat Miller menjadi juara dunia suatu saat nanti. Jika terwujud, maka prestasinya akan kembali mengharumkan nama Australia di dunia balap motor, sekaligus membayar tuntas segala pengorbanan yang dilakukan keluarga Miller untuk berlaga di MotoGP.

"Saya harap Jack bisa jadi juara dunia. Ini bakal baik bagi Australia, baik bagi Jack dan keluarganya. Ia jelas punya talenta, ia hanya harus fokus pada apa pun yang sedang menghalanginya dalam mencari konsistensi. Ia selalu ada di papan atas, hanya kurang konsisten. Jadi, ia harus fokus mengubah situasi ini," tutup Doohan.

Sumber: MotoGP

KOMENTAR