BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Michele Pirro Sebut Dani Pedrosa 'Berani' Mau Balapan Lagi di MotoGP

22-07-2021 10:48 | Anindhya Danartikanya

Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer
Test rider KTM, Dani Pedrosa (c) KTM/Philip Platzer

Bola.net - Test rider Ducati Corse, Michele Pirro, angkat topi pada test rider KTM, Dani Pedrosa, yang secara menghebohkan akan kembali balapan dengan fasilitas wildcard di MotoGP Stryia di Red Bull Ring, Austria, pada 6-8 Agustus, usai memutuskan pensiun dari kompetisi pada akhir 2018. Hal ini ia katakan via GPOne, Rabu (21/7/2021).

Pedrosa, yang sepanjang kariernya tak pernah membela pabrikan selain Honda, secara mengejutkan banting setir ke KTM usai pensiun, menjabat sebagai test rider. Ia pun membuahkan kemajuan pesat pada RC16, hingga sukses meraih 11 podium dan 4 kemenangan dalam 1,5 tahun belakangan.

Uniknya, Pedrosa diketahui sempat berkali-kali menolak rayuan para petinggi KTM agar ia turun balapan sebagai rider wildcard, berdalih tak mau lagi memikul beban kompetisi. Namun, kini akhirnya ia mau memenuhi permintaan itu, usai melihat perkembangan RC16 yang signifikan.

1 dari 3 halaman

Demi Pahami Kondisi yang Sesungguhnya di Trek

Test rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) Ducati Corse
Test rider Ducati Corse, Michele Pirro (c) Ducati Corse

Pirro, yang sudah jadi test rider Ducati sejak 2013, punya tugas serupa dengan Pedrosa. Bedanya, ia belum pensiun dari kompetisi. Ducati bahkan menurunkannya di kejuaraan CIV Superbike, dan memberinya fasilitas wildcard baik di MotoGP maupun WorldSBK. Ia juga berperan sebagai rider pengganti pembalap yang cedera.

Fakta bahwa Pirro tetap berkompetisi dinilai sangat penting bagi Ducati dalam pengembangan Desmosedici agar ia paham betul situasi di lintasan. Tampaknya, hal ini pula yang menggugah KTM untuk memaksa Pedrosa balapan lagi, agar rider Spanyol itu lebih memahami level persaingan terkini di MotoGP.

Namun, ekspektasi soal hasil balapnya di Styria nanti tak terlalu tinggi, karena sudah 995 hari sejak Pedrosa tak balapan. Pirro pun menyebut rider 35 tahun itu berani ambil risiko. "Saya baca beritanya, dan saya harus bilang bahwa Dani telah mengambil keputusan berani dengan kembali balapan usai waktu yang lama," ujarnya.

2 dari 3 halaman

Ingin Dani Pedrosa Juga Balapan di Misano

KTM sendiri belum memastikan apakah Pedrosa akan turun balapan lagi setelah Seri Styria, mengingat pabrikan non-konsesi MotoGP punya jatah tiga wildcard per musim. Namun, rumor yang beredar menyatakan bahwa Pedrosa bisa turun lagi di Seri Misano, San Marino, pada 17-19 September nanti.

Dalam Seri Misano itu, Pirro sendiri akan kembali balapan bersama Ducati juga dengan fasilitas wildcard, begitu juga test rider Honda, Stefan Bradl. Pirro pun mengaku ingin Pedrosa benar-benar balapan lagi di Misano untuk meramaikan persaingan.

"Saya senang melihatnya kembali ke trek sebagai pembalap wildcard usai begitu lama, mengingat ia bekerja sangat baik dengan KTM selama tahun-tahun belakangan. Saya berharap bisa bertemu dengannya lagi pada September pada pekan balap di Misano," pungkas pembalap asal Italia ini.

Sumber: GPOne

3 dari 3 halaman

Video: Formula 1 Rilis Desain Mobil Terbaru untuk Musim 2022

KOMENTAR