BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Mercedes: Kami Bakal Legawa Kalau Max Verstappen Juara, Asal Mainnya 'Bersih'

07-12-2021 13:00 | Anindhya Danartikanya

Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo
Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo

Bola.net - Team Principal Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, yakin FIA Stewards harus menindak tegas agresi yang dilakukan pembalap di trek. Hal ini ia nyatakan kepada Formula1.com usai terjadi duel sengit antara Lewis Hamilton dan Max Verstappen dalam Formula 1 GP Arab Saudi di Sirkuit Jeddah, Minggu (5/12/2021).

Duel keduanya memang kontroversial, karena sama-sama berebut kemenangan. Puncak ketegangan terjadi pada 15 lap terakhir, ketika mereka saling salip dengan berbagai senggolan. Verstappen bahkan dijatuhi berbagai hukuman berbeda karena dianggap agresif dan melakukan kesalahan yang justru menguntungkan.

Insiden paling kontroversial dari duel mereka terjadi saat Verstappen coba menyalip Hamilton di Tikungan 1, namun dianggap FIA Stewards memotong jalur dan ambil keuntungan. Ia dijatuhi hukuman 5 detik, dan diperintahkan untuk mengembalikan posisi pimpinan balap kepada Hamilton.

1 dari 3 halaman

Agresif, Sudah Kelewat Batas

Pembalap Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP PhotoPembalap Red Bull Racing, Max Verstappen (c) AP Photo

Verstappen menuruti perintah itu, melamban di Tikungan 27 pada Lap 37. Namun, Hamilton tak dapat informasi dari Mercedes bahwa Verstappen hendak menyerahkan posisi. Alhasil, keduanya bertabrakan. Usai balap, FIA Stewards memanggil keduanya untuk investigasi, dan Verstappen dianggap sebagai penyebab utama tabrakan itu.

Hasil balap Verstappen pun dijatuhi hukuman mundur 10 detik, dan pembalap asal Belanda ini juga dapat 2 poin penalti pada lisensi balapnya. FIA Stewards beranggapan bahwa Verstappen 'mengerem secara tiba-tiba (69 bar) dan melakukannya secara signifikan, menghasilkan deselerasi sebesar 24G'.

"Sejatinya cara berkendaralah yang harus dipikirkan dan diamati. Caranya balapan sangat agresif, mungkin agresif yang sudah kelewat batas. Kami hanya menginginkan kompetisi yang bersih, biarkan pembalap terbaik yang juara, dan jika pada akhirnya itu Max, saya akan damai dengan itu. Namun, balapannya harus adil," ujar Wolff.

2 dari 3 halaman

Nilai Lewis Hamilton Layak Menang

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Wolff juga angkat topi atas kemenangan Hamilton dalam balapan ini. Namun, ia yakin aksi spektakulernya ternodai oleh banyak drama. "Saya rasa Lewis layak menang dalam balapan ini. Ia bisa saja gagal finis beberapa kali akibat sayap depan yang rusak. Aksinya spektakuler, tapi ini bukan balapan yang baik," tuturnya.

Dengan Hamilton dan Verstappen finis di posisi 1-2 di Jeddah, maka kini keduanya punya poin yang sama, yakni 369,5 poin. Namun, Verstappen masih ada di puncak, karena ia mengoleksi sembilan kemenangan, satu lebih banyak dari koleksi Hamillton. Wolff pun mengaku tak risau soal ini.

"Max punya koleksi kemenangan lebih banyak. Jadi, saya rasa itu masih merupakan keuntungan baginya. Namun, saya tak bilang bahwa apa pun punya konsekuensi. Saya rasa sangat penting untuk menjalani balapan yang hebat demi mengakhiri musim, apalagi dua pembalap fantastis saling melawan," tutup Wolff.

3 dari 3 halaman

Jadwal dan Tautan Streaming Formula 1 2021 di Vidio

F1 GP Abu Dhabi akan digelar di Sirkuit Yas Marina pada 10-12 Desember 2021. Berikut tautan live streaming Formula 1 2021: https://www.vidio.com/live/7953-champions-tv-4

OTT layanan Vidio resmi menjadi layanan siaran langsung pekan balap Formula 1 2021. Jangan lupa untuk menyaksikan aksi para pembalap kesayangan Anda. Unduh segera aplikasi Vidio di smartphone atau smart tv melalui Playstore atau Appstore.

PERHATIAN: Jadwal siaran langsung bisa berubah sewaktu-waktu. Tunggu informasi berikutnya atau cek secara berkala website resmi Vidio.com.

Sumber: Formula 1

KOMENTAR