BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mercedes Formula 1 Produksi Alat Bantu Pernapasan Pasien Covid-19

31-03-2020 09:15 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo Pebalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Sebagai bentuk janji tim-tim Formula 1 melawan pandemi virus corona (Covid-19), Mercedes yang bekerja sama dengan University College London (UCL) akan memproduksi alat bantu pernapasan yang tak terlalu rumit dibanding ventilator. Demikian yang dilaporkan Crash.net.

Akibat Covid-19, saat ini F1 tengah mengalami vakum, namun tujuh tim yang bermarkas di Inggris kompak membentuk 'Project Pitlane', yakni proyek di mana para insinyur dan teknisi mereka berusaha menciptakan ventilator atau alat bantu pernapasan sejenis.

Kurang dari sepekan, para insinyur Mercedes AMG Petronas, bekerja dengan para ahli medis Rumah Sakit UCL, berhasil merakit alat bantu pernapasan yang bisa menyalurkan oksigen ke paru-paru tanpa membutuhkan ventilator.

1 dari 3 halaman

Akan Dilakukan Percobaan Lebih Dulu

Perangkat yang disebut 'Continuous Positive Airway Pressure' (CPAP) ini akan didistribusikan ke berbagai rumah sakit, dan telah dipakai di China dan Italia. Alat ini juga akan digunakan para pasien yang tak harus segera dirawat di ICU, demi melonggarkan fasilitas tersebut untuk para pasien yang kondisinya lebih kritis.

Percobaan telah dimulai dengan 40 CPAP di Rumah Sakit UCL, dan tiga CPAP telah diserahkan ke beberapa rumah sakit di London. Jika percobaan ini sukses, Mercedes bertekad memproduksi 1000 CPAP per hari di markas High Performance Powertrain dalam satu pekan saja.

Berikut pernyataan resmi Managing Direktur High Performance Powertrain Mercedes, Andy Cowell.

2 dari 3 halaman

Pernyataan Andy Cowell

"Komunitas Formula 1 telah menunjukkan respons yang impresif dalam memberikan dukungan. Kami sangat bangga bisa mengerahkan sumber daya kami dalam membantu UCL menjalankan proyek CPAP menuju standar tertinggi dan dalam waktu yang sesingkat mungkin."

Kolaborasi ini juga melibatkan Oxford Optronix, perusahaan yang juga memproduksi monitor oksigen untuk berbagai peralatan yang membutuhkan.

3 dari 3 halaman

Video: Marc Marquez Dikalahkan Sang Adik di MotoGP Virtual Race

KOMENTAR