Menolak ke Reli Dakar, Andrea Dovizioso: Saya Tak Segila Danilo Petrucci

Anindhya Danartikanya | 26 Januari 2022, 13:40
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) RNF Racing
Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso (c) RNF Racing

Bola.net - Pembalap WithU Yamaha RNF MotoGP Team, Andrea Dovizioso, sangat bahagia melihat Danilo Petrucci tampil apik dalam debutnya di Reli Dakar 2022. Namun, lewat Crash.net, Selasa (25/1/2022), ia mengaku sama sekali tak tertarik mengikuti jejak sahabatnya itu usai pensiun dari MotoGP suatu saat nanti.


Usai terdepak dari MotoGP akhir musim lalu, Petrucci memang digaet oleh KTM untuk diturunkan di Reli Dakar. Namun, tak satu pun orang mengira ia bakal langsung tampil kompetitif, konsisten memperebutkan podium. Ia bahkan sukses memenangi Stage 5, dan tercatat sebagai eks rider MotoGP pertama yang melakukannya.

Seperti Petrucci, Dovizioso adalah rider yang sangat andal di arena off-road, khususnya motocross. Keduanya juga kerap berlatih bersama di Italia. Alhasil, Dovizioso diperkirakan juga bisa garang di Dakar. Namun, pembalap 35 tahun itu menolak untuk menekuni salah satu ajang motorsport paling berbahaya di bumi itu.

1 dari 2 halaman

Sebut Danilo Petrucci Selalu Merasa Bagai 'Kambing Hitam'

Andrea Dovizioso dan Danilo Petrucci saat masih setim di Ducati MotoGP 2019. (c) Ducati

"Tidak, tidak! Saya memang cukup gila, tapi tidak segila dia! Saya kenal Danilo dan saya tahu betapa kuat dan cepatnya ia di atas motocross, juga karena ia kerap mengalahkan saya dengan mudah! Namun, ia tetap saja mengejutkan saya, karena saya tak memperkirakan hasil macam itu di Dakar," ungkap Dovizioso.

Dovizioso juga eks tandem Petrucci di Ducati Team pada 2019 dan 2020. 'Petrux' kerap mendedikasikan hasil-hasil apiknya di MotoGP untuknya, karena 'Dovi' sudah memberikan banyak bantuan dalam kariernya. Dovizioso pun mengakui bahwa kawannya itu kerap sedih tak bisa kompetitif karena ukuran tubuhnya.

"Danilo sudah melakukan sesuatu yang gila dan saya rasa reaksi emosionalnya memang besar, karena ia selalu merasa seperti 'kambing hitam'! Ia ingin meraih lebih banyak prestasi di MotoGP, namun kesulitan karena tubuhnya yang tinggi besar. Tapi kemudian ia mampu meraih prestasi spesial di Dakar," lanjut Dovizioso.

2 dari 2 halaman

Bisa Pahami Reaksi Emosional Danilo Petrucci

Pembalap Tech 3 KTM untuk Reli Dakar 2022, Danilo Petrucci (c) KTM Images

Dovizioso juga mengaku tak bisa membayangkan betapa beratnya kompetisi di Dakar, karena selain medannya yang ekstrem, setiap stage yang digelar rata-rata menyajikan jarak 500 km. Alhasil, reaksi emosional Petrucci, yang sampai menitikkan air mata usai meraih kemenangan di Stage 5, sangat bisa dimaklumi.

"Jika berkendara dengan jarak 500 km per hari, Anda bakal 'habis'. Jadi, ketika meraih hasil seistimewa itu, dalam situasi itu, sudah jelas emosinya seperti yang kita lihat dalam wawancara-wawancara Danilo. Saya sangat bahagia untuknya, dan saya mengirimkannya pesan karena ia layak mendapatkannya," tutup Dovizioso.

Petrucci mengaku berniat kembali ke Reli Dakar 2023, namun musim ini rider 31 tahun itu memastikan akan turun di ajang MotoAmerica bersama Ducati. Dovizioso sendiri akan kembali turun lintasan dalam uji coba pramusim MotoGP di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 5-6 Februari mendatang.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR

BERIKAN KOMENTAR