BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mengkhawatirkan, Inilah 4 Cedera Cal Crutchlow Sepanjang MotoGP 2020

28-10-2020 09:17 | Anindhya Danartikanya

Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) Facebook/LCR Honda Pembalap LCR Honda Castrol, Cal Crutchlow (c) Facebook/LCR Honda

Bola.net - Jika bicara soal cedera di paddock MotoGP, Marc Marquez boleh jadi menyita perhatian karena ia harus absen semusim akibat cedera patah tulang lengan atas kanan usai terjatuh keras dalam balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez pada Juli lalu. Namun, Cal Crutchlow juga tak kalah mengkhawatirkan.

Sepanjang musim ini, rider LCR Honda Castrol itu telah 'mengoleksi' empat cedera yang cukup parah, yang uniknya, cedera pertama juga ia dapatkan pada hari yang sama ketika Marquez mengalami kecelakaan hebat. Akibat cedera-cedera ini, rider berusia 34 tahun itu pun sempat absen dari tiga balapan.

Saat ini, Crutchlow mengaku masih bertekad balapan di MotoGP 2020, apalagi ia sedang merapat ke Aprilia Racing, menjadi kandidat pengganti Andrea Iannone jika rider Italia tersebut dinyatakan bersalah atas kasus doping yang menimpanya.

Meski masih terbukti punya kecepatan tinggi, fakta bahwa dirinya kerap dirundung cedera dan usianya tak lagi muda, membuat Crutchlow diragukan bisa tampil kompetitif tahun depan, apalagi motor RS-GP milik Aprilia masih dalam tahap pengembangan.

Berikut empat cedera Cal Crutchlow sepanjang MotoGP 2020.

1 dari 5 halaman

Retak Tulang Scaphoid

View this post on Instagram

A post shared by Cal Crutchlow (@calcrutchlow) on

Hasilnya menunjukkan bahwa ia mengalami gegar otak ringan, hingga Direktur Medis FIM, dr. Angel Charte, menyarankannya untuk absen balapan. Meski begitu, setelah kembali ke sirkuit, Crutchlow merasakan sakit pada pergelangan tangan kiri dan kembali menjalani scan di Medical Center. Di sanalah ia dinyatakan mengalami keretakan tulang scaphoid.

Setelah konsultasi dengan staf medis di MotoGP, diputuskan bahwa Crutchlow harus menjalani operasi pada tangannya di Rumah Sakit Universitari Dexeus di Barcelona pada Selasa (21/7/2020). Meski begitu, ia langsung kembali balapan di MotoGP Andalusia, hanya lima hari usai operasi.

2 dari 5 halaman

Arm Pump

View this post on Instagram

A post shared by Cal Crutchlow (@calcrutchlow) on

Cedera arm pump sejatinya telah menghantui Crutchlow selama ia berkarier sebagai pembalap. Namun, ia mengakui kali ini cederanya jauh lebih parah dari sebelumnya. Pada Senin (7/9/2020) menjelang MotoGP San Marino, ia pun bikin heboh jagat media sosial dan paddock MotoGP usai memamerkan foto-foto proses operasi arm pump pada lengan kanannya lewat Instagram.

Crutchlow pun menyatakan bahwa arm pump kali ini mulai terasa pada lengan kanannya di MotoGP Andalusia, dan usai operasi, ia menyebut lapisan membran fascia yang membungkus ototnya harus diambil demi melepas tekanan pada otot serta memperlancar aliran darahnya. Operasi ini sangat jarang dijalani oleh rider MotoGP, dan terakhir dijalani oleh Dani Pedrosa pada 2015.

Sayang, Crutchlow mengalami komplikasi karena lengannya terus memproduksi cairan pada lengan. Dokter bahkan membuat lubang pada kulitnya agar cairan itu bisa dibuang secara berkala. Sialnya lagi, kini kulit lengan Crutchlow benar-benar menyatu dengan ototnya, dan sulit menjalani operasi lagi untuk melakukan pembenahan.

3 dari 5 halaman

Ligamen Sobek pada Engkel

View this post on Instagram

A post shared by Cal Crutchlow (@calcrutchlow) on

Tiga pekan setelah operasi, yakni saat hendak menjalani pekan balap MotoGP Catalunya, Crutchlow jadi pusat perhatian lagi. Mengingat scaphoid dan arm pump-nya belum pulih, ia justru kedapatan cedera engkel pada Rabu (23/9/2020).

Usai absen dari dua balapan di Misano, Crutchlow pun pergi ke Barcelona untuk memeriksakan lengannya pada Spesialis Traumatologi MotoGP, dr. Xavier Mir. Crutchlow pun mendapatkan lampu hijau untuk beraksi di Catalunya, usai luka pada lengannya tampak membaik.

Setibanya di Sirkuit Barcelona-Catalunya, rider ini menjalani tes PCR untuk antisipasi Covid-19. Namun, usai keluar dari ruangan, ia malah terpeleset dan mengalami cedera engkel kiri. Dalam unggahannya di Instagram, Crutchlow pun mengaku ligamennya sobek hingga mata kakinya pun bengkak.

4 dari 5 halaman

Cedera Bahu

View this post on Instagram

A post shared by Cal Crutchlow (@calcrutchlow) on

Kini, usai menjalani MotoGP Teruel di Aragon, Spanyol, Minggu (25/10/2020), Crutchlow justru mengalami cedera bahu. Lewat MotoGP.com, ia mengaku merasakan kertakan kencang pada bahu kanannya saat balapan baru berjalan enam lap, namun belum mengetahui apa penyebabnya.

Crutchlow pun mengaku akan melakukan scan MRI pada Senin (26/10/2020) untuk mencari diagnosanya, namun baik Crutchlow maupun LCR Honda belum memberikan keterangan resmi soal diagnosa cedera ini.

Meski begitu, Crutchlow diharapkan bisa tetap tampil di tiga seri terakhir musim ini, yakni di MotoGP Eropa pada 6-8 November, MotoGP Valencia pada 13-15 November, dan MotoGP Portugal pada 20-22 November.

5 dari 5 halaman

Video: 5 Pembalap Hebat WorldSBK yang Tak Sukses di MotoGP

KOMENTAR