BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Mengejutkan, Sebastian Vettel Takkan Lagi Bela Ferrari di Formula 1 2021

12-05-2020 14:43 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel (c) AP Photo
Pebalap Scuderia Ferrari, Sebastian Vettel (c) AP Photo

Bola.net - Kabar mengejutkan datang dari paddock Formula 1 yang saat ini sedang vakum beraktivitas akibat pandemi virus corona. Sebastian Vettel dipastikan takkan lagi membela Scuderia Ferrari mulai musim depan setelah bekerja sama sejak 2015. Hal ini diumumkan secara resmi pada Selasa (12/5/2020).

Menurut situs resmi kejuaraan, Vettel dan Ferrari telah menegosiasikan perpanjangan kontrak selama berbulan-bulan. Team Principal Scuderia Ferrari, Mattia Binoto juga kerap menyebut Vettel adalah opsi utama mereka, meski belakangan sang tandem, Charles Leclerc, mencuri banyak perhatian.

Meski begitu, mereka tak bisa mencapai kata sepakat, yang berujung pengumuman berpisah ini. "Hubungan saya dengan Scuderia Ferrari akan berakhir pada akhir 2020. Demi meraih hasil terbaik di olahraga ini, sangat penting bagi semua pihak untuk bekerja dalam harmoni sempurna," ujar Vettel.

1 dari 3 halaman

Bakal Renungkan Prioritas Hidup

Sebastian Vettel (c) AFP
Sebastian Vettel (c) AFP

Sang empat kali juara dunia juga menegaskan keputusan ini sama sekali tak dipengaruhi oleh faktor finansial, mengingat tim-tim F1 tengah berusaha menekan biaya balap serendah mungkin seiring adanya krisis akibat pandemi virus corona.

"Apa yang terjadi selama beberapa bulan terakhir telah membuat banyak dari kami berkaca soal prioritas hidup kami. Kami harus menggunakan imajinasi dan mengadopsi langkah baru dalam menghadapi situasi yang berubah. Saya sendiri akan ambil waktu untuk merenungkan apa yang penting untuk masa depan saya," lanjut Vettel.

2 dari 3 halaman

Bagian dari Sejarah Scuderia Ferrari

Binotto juga menyatakan bahwa keputusan berpisah ini disepakati oleh kedua belah pihak, dan tak berat sebelah. Ia menyatakan bahwa keputusan ini dirasa baik untuk keduanya. Uniknya, pria asal Italia ini menyatakan 'tak ada alasan spesifik' yang mendasari keputusan ini selain fakta bahwa 'ini saat yang tepat untuk berpisah'.

"Sebastian sudah menjadi bagian dari sejarah Scuderia, dengan 14 kemenangan yang membuatnya menjadi pebalap tersukses ketiga di tim kami, sekaligus menjadi pebalap yang meraih poin terbanyak dengan kami. Selama lima tahun bersama, ia tiga kali masuk tiga besar klasemen pebalap, memberikan kontribusi signifikan kepada kehadiran tim di tiga besar klasemen konstruktor," tutup Binotto.

Hengkangnya Vettel dari Ferrari pun seolah kian mengobarkan bara api mengenai rumor bahwa Lewis Hamilton bertekad meninggalkan Mercedes AMG Petronas demi berseragam merah untuk Tim Kuda Jingkrak.

3 dari 3 halaman

Video: Mengenang Legenda Formula 1, Ayrton Senna

KOMENTAR