BERITA JADWAL KLASEMEN BUNDESLIGA LAINNYA

Mendadak Jeblok di Le Mans, Rins Beri Peringatan ke Suzuki

23-05-2019 10:00 | Anindhya Danartikanya

Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins (c) Suzuki

Bola.net - Pebalap Suzuki Ecstar, Alex Rins, meyakini bahwa jebloknya performa mereka di MotoGP Le Mans, Prancis, akhir pekan lalu merupakan sebuah peringatan agar mereka tak terlena pada hasil-hasil gemilang di empat seri sebelumnya. Hal ini disampaikan Rins kepada Motorsport.com.

Rins mengakui ia dan timnya kembali melakukan kesalahan strategi dalam sesi kualifikasi, yang digelar dalam cuaca tak menentu, hingga ia harus start dari posisi 19. Meski merasa lebih kuat dalam kondisi kering seperti di sesi balap, Rins masih kesulitan mengeluarkan potensi GSX-RR di tikungan.

"Saya memulai balapan dengan harapan tinggi, tapi masalahnya kurang lebih sama seperti di latihan. Kami tertinggal di bagian awal tikungan, momen melepas rem. Di area itu, jika coba dapat corner speed yang lebih baik, ban depan saya selip. Ini aneh, karena tahun lalu masalahnya yang sama," ujar Rins.

1 dari 2 halaman

Minta Perubahan pada GSX-RR

Selepas start, Rins sempat duduk di posisi 16, dan secara perlahan memperbaiki posisi. Ia juga terbantu oleh kecelakaan yang dialami Maverick Vinales, Francesco Bagnaia, dan Takaaki Nakagami. Alhasil, ia finis di posisi 10. Rins pun mengaku ia dan timnya belum menemukan penyebab masalah corner speed yang ia alami.

"Saya lebih merasakan masalah itu di trek ini dibanding di trek-trek lain. Mungkin ini terjadi karena suhu rendah, mungkin juga karena layout lintasan. Saya belum tahu. Tahun depan kami jelas harus melakukan beberapa perubahan pada motor. Kami harus mengatasinya, karena ini sama dengan tahun lalu," ungkapnya.

2 dari 2 halaman

Turun Peringkat Tak Masalah

Rider Spanyol berusia 23 tahun ini pun mengaku merasa beruntung bisa finis di 10 besar, mengingat begitu banyak kecelakaan terjadi di sesi balap Moto3, Moto2, dan MotoGP pada Minggu (19/5) lalu.

"Kami bisa meraih enam poin, di trek yang kondisinya tak terlalu baik, sangat mudah terjatuh. Jadi saya beruntung bisa finis di 10 besar. Kini kami turun ke peringkat ketiga di klasemen. Saya rasa bukan masalah, masih banyak balapan tersisa, tapi kami tetap harus bekerja keras," pungkasnya.

Akibat hasil ini, Rins melorot ke peringkat ketiga pada klasemen pebalap dengan koleksi 75 poin, tertinggal 20 poin dari Marc Marquez di puncak dan 12 poin dari Andrea Dovizioso di peringkat kedua. Ia akan kembali turun lintasan di MotoGP Mugello, Italia, pada 31 Mei-2 Juni mendatang.

26 AUG 2019 | 13:00 WIB - #KLYLounge Jokowi Umumkan Lokasi Ibu Kota Baru

KOMENTAR