BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Max Verstappen: Tak Ada Alasan bagi Lewis Hamilton Mundur dari Formula 1

17-12-2021 13:35 | Anindhya Danartikanya

Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo
Max Verstappen dan Lewis Hamilton (c) AP Photo

Bola.net - Juara dunia 2021 dari Red Bull Racing, Max Verstappen, mengaku tak melihat alasan kuat bagi Lewis Hamilton untuk mundur dari Formula 1 usai kontroversi balapan penentu gelar dunia di Abu Dhabi pada Minggu (12/12/2021) lalu. Hal ini ia sampaikan kepada Crash.net, Kamis (16/12/2021).

Dalam balapan itu, Max Verstappen yang start dari pole, tersalip Hamilton di trek lurus selepas start. Pada Lap 53, Hamilton masih unggul 11,5 detik. Namun, Nicholas Latifi menghantam dinding pembatas dan mengundang Safety Car. Red Bull pun meminta Verstappen melakukan pit stop pada Lap 54 untuk mengganti ban keras ke lunak.

Pada akhir Lap 57, Hamilton dan Verstappen bersisian saat Safety Car masuk ke pit. Pada awal Lap 58, Verstappen pun menyalip dan mengambil alih pimpinan balap di Tikungan 5. Verstappen mampu mempertahankan posisi sampai finis. Dengan begitu, gelar kedelapan yang tadinya di depan mata Hamilton jatuh ke tangan Verstappen.

1 dari 2 halaman

Bisa Pahami Kekecewaan Lewis Hamilton

Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo
Pembalap Mercedes AMG Petronas, Lewis Hamilton (c) AP Photo

Sejak balapan itu, Hamilton hanya bicara di hadapan publik lewat wawancaranya dengan Jenson Button di parc ferme. Ia menolak menghadiri jumpa pers dan bertemu awak media, bahkan menolak bicara dengan wartawan usai mendapatkan gelar kesatria dan titel 'sir' dari Kerajaan Inggris di Kastil Windsor, Rabu (15/12/2021).

Pada Kamis pula, Team Principal Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, akhirnya bicara dengan media massa. Ia menyebut Hamilton dan Mercedes merasa sakit hati pada keputusan FIA Stewards soal Safety Car di Abu Dhabi, dan tak menjamin sang tujuh kali juara dunia bakal balapan pada 2022 meski masih punya kontrak sampai akhir 2023.

"Jelas saya bisa memahami bahwa pada beberapa hari pertama usai balapan seperti itu Anda tak merasa senang. Tapi Anda juga harus paham bahwa beginilah dunia balap pada akhirnya, dan hal-hal macam ini terjadi pada Anda," ujar Verstappen usai mendengar pernyataan dari Wolff.

2 dari 2 halaman

Punya 7 Gelar, Mestinya Lebih Bersemangat

"Saya rasa Lewis harus melihat ke belakang atas apa yang sudah ia raih dan itu seharusnya bikin ia tenang. Itu harusnya juga jadi dorongan baginya untuk tetap balapan, karena ia masih bisa mencoba merebut gelar kedelapan. Saya yakin ia bisa melakukannya lagi tahun depan. Jadi, saya tak lihat alasan apa pun untuk menyerah atau berhenti sekarang," lanjut Verstappen.

Pembalap Belanda berusia 24 tahun ini pun tak segan mengaku bahwa dirinya tak merasa kasihan melihat kekecewaan Hamilton, namun tetap bisa bersimpati. Verstappen pun menyatakan bahwa dirinya juga punya hak untuk bertarung sampai akhir dan memanfaatkan segala kesempatan yang tersedia.

"Saya tidak merasa iba. Namun, tentu saya bisa memahami bahwa ini bisa terasa sangat menyakitkan. Tapi beginilah dunia balap. Anda harus bertarung sampai akhir dan Anda tahu apa pun bisa terjadi. Ia juga pernah merebut gelar dengan cara itu, jadi saya rasa ia bisa memahaminya juga," pungkasnya.

Sumber: Crashnet

KOMENTAR