BERITA JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Max Verstappen Sebut Selebrasi Lewis Hamilton di F1 GP Inggris Tak Sportif

19-07-2021 08:35 | Anindhya Danartikanya

Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo
Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo

Bola.net - Perebutan gelar dunia Formula 1 2021 semakin memanas antara Max Verstappen dan Lewis Hamilton. Puncaknya pun terjadi dalam balapan di Sirkuit Silverstone, Inggris, Minggu (18/7/2021), usai keduanya bersenggolan di Tikungan Copse pada lap pembuka.

Hamilton hendak menyalip dari jalur dalam, namun ban depan kirinya menyenggol ban belakang kanan Verstappen. Verstappen pun mengalami spin dan terseret ke area gravel dengan dampak sebesar 51G ke dinding pembatas ban. Alhasil, bendera merah pun dikibarkan pada Lap 3.

Mobil Verstappen mengalami kerusakan, tapi ia keluar dari mobil dalam keadaan selamat. Namun, tak lama setelahnya ia ditransfer ke rumah sakit untuk menjalani pemeriksaan medis lanjutan, sementara Hamilton dijatuhi penalti 10 detik dan tambahan 2 penalti poin pada lisensi balapnya.

1 dari 3 halaman

Sebut Aksi Selebrasi Hamilton Tak Terhormat

Meski begitu, penalti tersebut tak menghalangi Hamilton untuk meraih kemenangannya yang ke delapan di F1 GP Inggris. Dengan tiga lap tersisa, juga di Tikungan Copse, ia menyalip penggawa Scuderia Ferrari, Charles Leclerc, yang memimpin sejak lap pertama.

Usai finis, Hamilton pun merayakan kemenangannya dengan selebrasi besar, mengibarkan bendera Inggris di hadapan para penonton yang hadir, dan bersuka cita di atas podium. Namun, lewat Twitter, Verstappen menyebut aksi Hamilton itu tak terhormat dan tak sportif.

"Senang saya baik-baik saja. Sangat kecewa dibikin gagal finis seperti ini. Penalti yang dijatuhkan tidak membantu kami dan tak adil untuk menilai manuver Lewis di lintasan. Menonton selebrasinya selagi masih di rumah sakit sungguhlah tak terhormat dan itu adalah perilaku tak sportif, namun kami akan beranjak dari sini," tulisnya.

2 dari 3 halaman

Hamilton Cemas, Tapi Ogah Minta Maaf

Dalam lap menuju pitlane usai bendera merah berkibar, rekaman radio Hamilton pada Mercedes AMG Petronas pun menunjukkan bahwa ia sempat menanyakan kondisi Verstappen. Usai balap, tujuh kali juara dunia ini mengaku mencemaskan pembalap Belanda itu, namun merasa dirinya tak perlu meminta maaf.

View this post on Instagram

A post shared by FORMULA 1® (@f1)

"Saya tak merasa dalam posisi harus minta maaf atas apa pun, toh kami ada di sini untuk balapan. Saya dengar Max di rumah sakit dan itu jelas bikin saya cemas. Tak satupun dari kami ingin melihat kami cedera, dan itu tak pernah jadi maksud saya, jadi saya berharap dia baik-baik saja," ujarnya kepada Crash.net usai balap.

"Saya akan menghubunginya setelah ini untuk memeriksa apakah ia baik-baik saja, dan kami akan bertarung lagi di masa depan. Akan ada banyak balapan yang berat di depan, dan kami harus belajar mencari keseimbangan," pungkas Hamilton, yang kini tertinggal delapan poin saja dari Verstappen di klasemen pembalap.

Sumber: Twitter/Max33Verstappen, Crashnet

3 dari 3 halaman

Video: Angka Covid-19 Meningkat, Australia Batalkan MotoGP dan Formula 1

KOMENTAR