BERITA TIMNAS JADWAL KLASEMEN LAINNYA

Max Verstappen Maklumi Kekecewaan Lewis Hamilton Gagal Rebut Gelar F1 Kedelapan

15-12-2021 10:01 | Anindhya Danartikanya

Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo
Lewis Hamilton dan Max Verstappen (c) AP Photo

Bola.net - Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen, mengaku bisa memaklumi kekecewaan Lewis Hamilton, yang gagal merebut gelar dunianya yang kedelapan di Formula 1. Hamilton kalah tepat di lap terakhir GP Abu Dhabi di Sirkuit Yas Marina pada Minggu (12/12/2021) lalu, di mana Verstappen lah yang keluar sebagai juara.

Dalam balapan berdurasi 58 lap itu, Verstappen start dari pole, tapi tersalip Hamilton di trek lurus selepas start. Pada Lap 53, Hamilton masih unggul 11,5 detik. Tapi Nicholas Latifi menghantam tembok pembatas trek, mengundang Safety Car. Red Bull pun meminta Verstappen pit stop pada Lap 54 untuk ganti ban keras ke lunak.

Pada akhir Lap 57, Hamilton dan Verstappen bersisian saat Safety Car masuk ke pit. Pada lap penutup, Verstappen pun menyalip Hamilton dan mengambil alih pimpinan balap di Tikungan 5. Verstappen mampu mempertahankan posisi pertama sampai bendera finis dikibarkan. Dengan begitu, ia menjadi juara dan Hamilton jadi runner up.

1 dari 2 halaman

Dapat Ucapan Selamat dari Toto Wolff

Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo
Pembalap Red Bull Racing Honda, Max Verstappen (c) AP Photo

Usai balap, Team Principal Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, tampak murka dan melayangkan protes kepada FIA Race Director, Michael Masi, lewat radio soal kekacauan pada lap terakhir tersebut. Namun, Verstappen menyatakan Wolff tetap bersikap sportif padanya dan Red Bull Racing Honda usai balapan berakhir.

Lewat situs resmi kejuaraan pada Selasa (14/12/2021), pembalap berusia 24 tahun ini mengaku dapat ucapan selamat dari Wolff. "Toto mengirimkan pesan kepada saya. Ia mengucapkan selamat atas jalannya musim ini, dan ia bilang saya layak jadi juara. Itu sangat menyenangkan," ungkap Verstappen.

Di lain sisi, pembalap Belanda ini mengaku memahami kekecewaan Hamilton, yang pada praktisnya memimpin balapan sejak lap pertama, di mana gelar kedelapan sempat ada di depan mata, sebelum insiden Latifi terjadi. Namun, Verstappen yakin Hamilton harus tetap berbangga karena dirinya merupakan tujuh kali juara dunia.

2 dari 2 halaman

Bukti Verstappen dan Hamilton Saling Hormat

"Tentu sangat membantu jika Anda sudah punya tujuh gelar dunia. Itu pasti membuatnya sedikit lebih tenang. Saya rasa, jika situasinya terbalik, bakal jauh lebih menyakitkan bagi saya, karena saya jadi tak punya satu gelar pun," ungkap anak dari eks pembalap F1, Jos Verstappen, ini.

Verstappen juga mengaku senang Hamilton menunjukkan sikap sportif padanya usai balap, mengucapkan selamat padanya di parc ferme. "Lewis mendatangi saya, dan memberikan ucapan selamat kepada saya. Pasti sangat berat baginya pada lap terakhir," ungkapnya.

"Tapi ini juga menunjukkan rasa hormat yang kami punya bagi satu sama lain. Tentu kami mengalami beberapa momen kelam musim ini, namun kami menghormati apa yang kami lakukan. Kami juga saling dorong menuju limit performa, dan sangat menyenangkan bisa bersaing dengannya," tutup Verstappen.

Sumber: Formula 1

KOMENTAR